Yogyakarta, Hariantemanggung.com - Banyaknya penyakit yang mewabah di masyarakat akhir-akhir ini, membuat kita harus bermawas diri. Anak-anak sebagai salah satu anggota masyakarat yang rentan terhadap penyakit, perlu dilindungi yakni dengan diberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap penyakit-penyakit yang di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) bersama mahasiswa PGSD FKIP UST mengadakan pelatihan pembuatan poster bertema kesehatan lingkungan bagi anak pada Senin (4/7/2022). Tujuan pelatihan ini adalah untuk mengedukasi anak-anak tentang bahaya dan pencegahan dari penyakit-penyakit yang sedang melanda masyakarat Indonesia.

Kegiatan ini diikuti oleh 12 anak di dusun Pundung, Nogotirto, Gamping, Sleman Yogaykarta. Peserta dalam kegiatan pelatihan ini adalah anak-anak SD kelas atas yakni kelas 4-6. Hal ini karena poster merupakan materi untuk SD kelas atas sehingga tujuan dari pelatihan ini tercapai.

Kegiatan pelatihan diisi oleh Siti Anafiah dan Nadziroh, Dosen PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Siti Anafiah menyampikan bahwa pelatihan membuat poster bertema kesehatan lingkungan ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang bahaya dan bagaimana pencegahan penyakit-penyakit yang sedang terjadi di lingkungan sekitar. Poster merupakan media untuk meyampikan pesan dengan gambar dan tulisan, sehingga anak-anak dapat tertarik dan mudah untuk memahami pesan yang disampaikan dalam proster tersebut. 

Lebih lanjut Nadziroh juga menyampikan poster merupakan media yang menarik, sehingga anak-anak dapat mengeksplor kognitif dan psikomotor mereka karena dapat menuangkan pesan dan gambar-gambar sesuai dengan imajinasinya.

Dalam pelatihan pembuatan poster,  anak-anak menuangkan ide mereka tentang pencegahan penyakit diantaranya covid 19 dan demam berdarah. Poster yang dibuat tentang bagaimana mencegah penyebaran covid 19 di antaranya dengan memakai masker, jaga jarak, dan selalu mencuci tangan. 

Selain itu, pada pencegahan penyakit demam berdarah, anak-anak membuat tulisan dan ilustrasi gambar membasmi nyamuk dan membuang sampah pada tempatnya. Pelatihan ini diharapkan dapat  membuat anak-anak paham dan selalu mengingat tentang pencegahan penyakit-penyakit yang ada disekitar, sehingga dapat meminimalkan penularan dan penyebarannya. (htm/sul)

Bagikan :

Tambahkan Komentar