Oleh Nadiva Nur Widya

Mahasiswi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung


Lembaga pendidikan manapun, termasuk lembaga formal seperti madrasah yang dibawah naungan kementrian agama (Kemenag) pastinya terus mengalami perkembangan yang signifikan dalam hal kegiatan belajar mengajar (KBM).  Disamping itu madrasah selalu memiliki kekhasan yang membedakan dengan sekolah dasar lainnya seperti materi, strategi, dan lain sebagainya. 

Abudin Nata mengatakan bahwa Madrasah berasal dari akar kata darrasa, yaitu belajar, sedangkan madrasah berarti tempat belajar atau sekolah formal. Madrasah menurut orang awam adalah lembaga pendidikan tingkat dasar dan menengah yang mengajarkan agama Islam saja, perpaduan antara ilmu agama Islam dan ilmu umum, maupun ilmu berbasis ajaran Islam

Di madrasah pembelajaran seputar kajian-kajian agama umumnya tak seringkas seperti Sekolah dibawah naungan Kemendikbudristek yang dijadikan satu dalam Pendidikan Agama Islam (PAI). Tanpa bermaksud menyudutkan salah satu pihak,  penulis melakukan observasi bahwasannya materi seputar pokok-pokok diejawantahkan dalam mata pelajaran, Akidah Akhlak, Fiqih, SKI, dan Bahasa Arab.

Hal ini berbeda dengan Sekolah Dasar pada umumnya, dimana pembelajaran keagamaan hanya terfokus pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Dari hasil pengamatan yang dilakukan penulis dengan seorang teman mendapati bahwa perbedaan ini hanyalah dalam hal biasa saja, dimana keduanya menunjukkan ciri khas.

Oleh karena itu, penulis dalam artikel kali ini hanya akan membahas tentang mapel akidah akhlak sebagai salah satu solusi yang menurut penulis menarik untuk dikaji, terlebih sebagai mapel yang penuh dengan nilai-nilai akhlakul karimah.

Siswa haruslah berakhlak

Membaca banyak tentang akidah dalam istilah Islam yang berarti iman. Akhirnya penulis menyimpulkan bahwa semua sistem kepercayaan atau keyakinan bisa dianggap sebagai salah satu akidah. Fondasi akidah Islam didasarkan pada hadits Jibril, yang memuat definisi Islam, rukun Islam, rukun Iman, ihsan dan peristiwa hari akhir. 

Secara bahasa akhlak berasal dari bahasa Arab khuluk, secara istilah akhlak  berarti tingkah laku seseorang yang didorong oleh suatu keinginan secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan yang baik.

Dapat disimpulkan dari kedua penjelasan tersebut bahwa akidah akhlak adalah sekumpulan materi yang ditetapkan menjadi  sebuah mata pelajaran didalam MI yang berisi tentang fondasi akidah Islam untuk menyempurnakan akhlak manusia terutama yang saat ini masih menjadi seorang peserta didik. 

Fondasi ini diharapkan mampu untuk menumbuhkan budi pekerti siswa ataupun membentuk karakter siswa yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Pembenahan moral peserta didik

Akidah Akhlak menjadi salah satu obat atau media untuk menuntaskan kemerosotan moral “perilaku” siswa saat ini, kasus-kasus seperti pencurian, umpatan kata kotor, perilaku menyimpang, dan lain sebagainya bahwa marwah kesopanan bangsa ini kian berkurang.

kemerosotan akhlak atau perilaku  yang menimpa pada diri peserta didik dalam millenial ini haruslah mendapat perhatian  dan dapat dituntaskan dengan pembelajaran akidah akhlak secara lebih kreatif, inovatif dan praktek yang masif. Hal ini oleh penulis yang coba jelaskan maupun uraikan seperti dibawah ini..

Sebagai calon pendidik terlebih yang telah menjadi guru haruslah mampu untuk berpikir kreatif dalam menuntaskan masalah tersebut. Sederhananya seperti menggunakan akidah akhlak sebagai media ceramah dalam memberikan nasihat kebaikan untuk siswa.

Jika mau dipahami lebih jauh lagi, akhlakul karimah haruslah dimiliki oleh setiap peserta didik. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat penting, maka harus ditanamkan sejak dini, baik di lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat, agar menjadi manusia yang berjiwa suci dan memiliki budi pekerti yang baik .

Madrasah merupakan salah satu wadah kawah candradimuka atau sebagai wahana untuk membina, mempersiapkan anak didik, dan tempat anak bergaul dengan teman sebaya serta tempat berkumpul para guru dalam kegiatan belajar mengajar ataupun menumbuhkan ikatan batin.

Oleh karena itu, sangat perlu sekali jika pembinaan akhlakul karimah dilakukan melalui pembelajaran akidah akhlak di Madrasah, hal ini terlihat dalam pembelajaran akidah akhlak banyak memuat materi-materi yang mengarahkan siswa untuk selalu berbudi pekerti dan karakter sesuai tujuan pendidikan kita.


Bagikan :

Tambahkan Komentar