Temanggung, Hariantemanggung.com - Bertempat di ruang rapat rektorat Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung, Tim Verifikator MI ELPIST Temanggung dari Kantor Kemenag Temanggung melakukan visitasi pada Jumat (25/3/2022).

Dalam sambutannya, Rektor INISNU Temanggung Dr. H. Muh. Baehaqi, MM., menegaskan bahwa kegiatan itu menjadi sejarah awal berdirinya MI ELPIST Temanggung yang menjadi laboratorium Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU. "Hari ini menjadi sejarah berdirinya MI, apalagi ini hari Jumat, semoga keberkahan kita dapatkan dalam rangka mendidik dan melahirkan anak-anak saleh dan saleha lewat MI ELPIST nanti," katanya.

Ketua YAPTINU H. Nur Makhsun mengatakan bahwa hadirnya MI ELPIST ini karena tuntutan zaman, banyak orangtua siswa TK ELPIST mengharapkan adanya lembaga lanjutan yang bisa dijadikan tempat belajar. "Kita dulu mendirikan TK ELPIST awalnya hanya mendapat murid sedikit. Namun lambat laun, peserta didik banyak sampai sekarang dan mendapat akreditasi A, karena sistem fullday, ada makanan, minuman, dan penitipan anak. Apalagi, di tengah kota seperti ini orangtua ingin lembaga pendidikan yang profesional," katanya.

Pihaknya juga mengatakan, bahwa amanat dari asesor saat akreditasi Prodi PGMI untuk mendirikan labschool sebagai wahana mahasiswa dalam belajar secara mendalam, tidak sekadar saat microteaching atau peerteaching dalam perkuliahan.

Dalam sambutannya, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung Ahmad Sugijarto, MM., mengatakan bahwa pendirian MI ELPIST ini diharapkan dapat menjadi kepanjangan tangan dari Prodi PGMI dalam mendidik anak-anak untuk menjadi anak hebat bermartabat dan mandiri berprestasi. "Syukur-syukur ke depan mendirikan tingkat MTs/SMP sampai MA/SMA yang pastinya mendukung kebesaran INISNU ke depan," harapnya.

Pihaknya juga menuturkan bahwa MI ELPIST harus memiliki keunggulan, karena saat ini banyak madrasah menolak siswa. "Ini tidak lagi second opinion, namun menjadi first opinion, karena masyarakat semakin pandai memilih sekolah madrasah. Sekolah di sana saja, sudah ada lulusannya bagus, keunggulannya ini. Jadi madrasah yang hebat seperti ini sudah dipilih masyarakat, harapannya MI ELPIST Temanggung ke depan seperti itu," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, disampaikan pula bahwa kapasitas Kemenag Temanggung bukan memberikan izin, namun sebatas memberikan masukan atas kelangkapan data dan kesiapan, yang kemudian akan diteruskan di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah.

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan paparan proposal pengajuan dan kelengkapan dokumen.

Selain tim verifikasi Solikhin, S.Ag., Rektor, dan Ketua YAPTINU, hadir juga Sekretaris YAPTINU Dr. Sugi, Bendahara YAPTINU H. Ipnu Haryono, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Hamidulloh Ibda, Dekan FTK Andrian Gandi Wijanarko, Kaprodi PGMI Faizah, calon Kepala MI, calon guru dan tenaga kependidikan. Usai pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan visitasi ruang kelas, ruang kepala, ruang TU, dan ruangan lainnya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar