Dokumentasi kegiatan

Temangung, Hariantemanggung.com
- Studi Banding adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan dan merekatkan aliansi hubungan antar satu organisasi dengan yang lainnya. Studi Banding ini merupakan suatu bentuk dari jalinan relasi yang di bangun dalam bentuk kegiatan mempresentasikan dan menyampaikan berbagai informasi yang dapat bermanfaat bagi keberjalanan kedepan.

Kegiatan seperti ini tentunya berpengaruh sangat besar dalam menambah pengetahuan, meningkatkan kapasitas, kualitas, dan kemajuan serta perkembangan dalam kinerja organisai kedepannya. Acara inti dari studi banding ini adalah saling mempresentasikan kinerja dan rencana atau progam kerja yang di rancang oleh pengurus HMP PAI masing-masing. 

Pada tanggal 12 februari 2022 telah terlaksana Studi Banding yang diadakan oleh STAINU Purworejo yang bertempat di INISNU Temanggung tepatnya di ruang B6 Gedung Tarbiyah. Acara studi banding HMP PAI Stainu Purworejo dan HMPS PAI Inisnu Temanggung ini dimulai pada jam 10.00. 

Acara ini berawal dari pembukaan yamg di buka oleh master of ceremony (MC) dari salah satu anggota pengurus HMP PAI Inisnu Temanggung dan beberapa sambutan oleh dema fakultas tarbiyah dan keguruan (FTK) dan dar i ketua HMPS PAI purworejo.

Dema FTK mengucapkan selamat datang kepada sedulur dari purworejo dan sedikit menyampaikan bahwa acara-acara seperti ini sangat bagus sekali dalam keberjalanan organisasi maupun dalam kepengurusan HMP dan dalam ranah lainya. Acara ini berpotensi besar dalam kemajuan kinerja HMP. Dari ketua HMP PAI Purworejo juga menyampaikan sangat berterima kasih atas ketersediaanya dalam menjadi tuan rumah dalam acara Studi Banding kali ini.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Ketua HMP PAI INISNU dan HMP PAI STAINU Purworejo bahwa dalam masa kepengurusannya menuai banyak sekali kendala. “kendala yang ada di Temanggung sendiri sebenarnya sama dengan yang ada di Purworejo bahwa dulu kepengurusan yang ada di INISNU ini sudah sempat vakum selama 2 tahun.” Ujar Ketua Hmp Pai Inisnu Temanggung.

Selanjutnya acara di lanjutkan dengan pemaparan proker (program kerja) dari masing-masing HMPS, yang di awali dari HMPS PAI Inisnu Temanggung, dan di lanjutkan pemaparan Proker dari HMPS PAI Stainu Purworejo, dalam pemaparan proker ini terdapat banyak perbedaan antara kedua HMPS tersebut, sebenarnya pada hakikatnya kegitannya bertujuan sama hanya saja tupoksi dan cara pembahasanya berbeda, hal tersebut dapat di lihat dari pengunaan bahasa dapartemen dan devisi, selain itu dari purworejo terdapat proker yang pengembangan minat bakat mahasiswa berbentuk pelatihan tilawah, beda lagi jika proker dari Temanggung yang ketika membuat kegiatan seperti itu akan bersimpangaan dengan UKM, tentu saja untuk proker tidak dapat di samakan karena memang keadaaan massing massing mahasiswa di setiap kampus berbeda, tetapi bukan berarti untuk kegitan ini tidak ada gunanaya, justru dengan kita mengadakan kegiatan tersebut dapat sebagai cermin untuk organisasi masing masing.

Setelah pemaparan proker dari massing masing hmps di lanjutkan dengan sesi tanya jawab sekaligus diskusi, tentunya dalam sesi ini sangat banyak yang di tanyakan, yang pada nantinya dapat menjadi referensi dan sebagai kaca untuk memajukan pengembangan organisasi. Selanjutnya setelah panjang lebar berbincang, lalu di lanjutkan sesi dokumentasi dan makan siang.

Kegiatan studi banding ini berakhir dengan berbagai informasi yang masing-masing hmp dari Purworejo maupun Temanggung saling menjadi penggenap dalam segala ganjil dalam keberjalanan kepengurusan. (htm/mif)

Bagikan :

Tambahkan Komentar