Hariantemanggung.com - Terbitnya buku berjudul Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital ini dalam rangka menjelaskan inovasi pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar di era digital. Seperti diketahui, perkembangan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang semakin pesat di era digital, kini pembelajaran termasuk di antaranya adalah pendekatan pembelajaran telah berubah ke arah pengetahuan dengan pengaplikasikan teknolgi informasi dan komunikasi yang ada.

Di dalam buku ini berisi tentang inovasi pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar di era digital. Dari hasil kajian di artikel ini, ditemukan Inovasi pendidikan Bahasa Indonesia SD meliputi (1) bahasa hendaknya dipandang sebagai teks, bukan semata-mata  kumpulan kata atau kaidah kebahasaan, (2) penggunaan bahasa merupakan proses pemilihan bentuk-bentuk kebahasan untuk mengungkapkan makna, (3) bahasa bersifat fungsional, artinya penggunaan bahasa yang tidak  pernah dapat dipisahkan dari konteks, karena bentuk bahasa yang digunakan mencerminkan ide, sikap, nilai, dan ideologi pemakai/penggunanya, (4) Bahasa merupakan sarana pembentukan berpikir manusia, (5) pendidikan Bahasa Indonesia SD harusnya membangun konteks membentuk model (pemodelan), membangun teks bersama-sama, mengembangkan teks secara mandiri, berisi kompetensi inti dan kompetensi dasar. Sedangkan inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia SD yaitu ada empat bentuk aplikasi sebagai inovasi pendidikan dan pembelajaran Bahasa Indonesia SD, yaitu Youtube, Instagram, Zoom Meeting, dan Google Classroom.

Buku ini juga mengkaji tentang implementasi inovasi pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar di era digital dan implementasi inovasi pembelajaran pendidikan Bahasa Indonesia Sekolah Dasar di era digital. Pemanfaatan media pembelajaran menjadi bagian dari inovasi pendidikan Bahasa Indonesia SD di era digital. Sedangkan implementasi inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan melalui media atau alat-alat teknologi yang dapat dijadikan sebagai inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia SD di era digital meliputi Youtube, Instagram, Zoom Meeting, dan Google Classroom. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan ketika dijadikan inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia SD.

BIODATA BUKU:

Judul: Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Era Digital

Penulis: Hamidulloh Ibda

Penyunting:  Andrian Gandi Wijanarko

ISBN: 978-623-6455-46-3

Cetakan: I, Januari 2022

Tebal: 14 x 21 cm,  ix + 81  Halaman

Diterbitkan: CV. Pilar Nusantara

Telepon: (024) 76423442 / 08562674799

Email : pilarnusapress@gmail.com

Harga: Rp. 50.000 (Belum termasuk ongkir)

Bagikan :

Tambahkan Komentar