Oleh Ulya Minata Rusdiati

Mahasiswi Ekonomi Syariah INISNU Temanggung


Ketika ingin melakukan berbisnis pasti memerlukan adanya berbagai persiapan yang matang agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan lancer dan sesuai yang di harapkan. Berbagai macam rencana harus sudah dipersiapkan dengan matang. Persiapan tersebut biasanya meliputi kebutuhan yang di perlukan, peluang target pasar, focus dalam menentukan produk dan focus pada tren yang sedang berkembang. Ketika berbisnis pebisnis juga harus mengikuti perkembangan jaman, sehingga produk yang di produksi tidak ketinggalan jaman.

Saat melakukan sesuatu tentunya ada yang ingin di capai, begitu juga dengan berbisnis. Ketika menjalankan bisnis tentunya ada tujuan yang ingin di capai agar bisnis tersebut berhasil di kembangkan dengan lancar. Oleh karena itu harus ada manajemen strategi dalam berbisnis.

Manajemen strategi berguna untuk menentukan atau memberi arah dalam jangka panjang yang akan di gapai perusahaan tersebut, membantu perusahaan beradaptasi pada perubahan-perubahan yang terjadi sehingga perusahaan sudah mempunyai persiapan jika terjadiperubahan yang mendadak, mengidentifikasi keunggulan komparatif suatu perusahaan dalam lingkungan yang semakin maju, kegiatan pembuatan strategi akan mempertinggi kemampuan perusahaan tersebut untuk mencegah munculnya masalah, keterlibatan karyawan di dalam perusahaan dalam pembuatan strategi perusahaan akan lebih memotivasi mereka dalam tahap pelaksanaan yang akan dilakukannya, dan dapat membuah perusahaaan menjadi tambah aktif dan eksis.

Manajemen di perusahaan dapat membantu perusahaan membuat strategi yang lebih baik dengan pendekatan yang lebih logis dan rasional, meninkatkan kesadaran akan ancaman eksternal sehingga ita kan terbiasa mempersiapkan rencana lain atas kejadian tak terduga, memungkinkan alokasi sumber daya dan waktu yang lebih sedikit, dapat mendorong berpikir ke depan atau berpikir ke masa yang akan datang dan dapat menjadikan perusahaan sadar akan ancaman eksternal maupun internal sehingga perusahaan siap menghadapinya.

Manajemen strategi merupakan proses atau rangkaian aktivitas pengambilan keputusan yang sifatnya mendasar dan menyeluruh termasuk cara pelaksanaannya untuk mencapai tujuan bersama. Proses manjemen strategi yaitu keputusan dan tindakan yang diperlukan bagi perusahaan untuk mencapai daya saing strategis dan mendapatkan pengembalian diatas rata-rata. Didalam perusahaan harus ada manajemen strategi agar terkoordinir sesuai rencana yang diinginkan. Sehingga akan tercapai tujuan dari bisnis tersebut. 

Manajemen strategi membantu perusahaan agar beradaptasi dengan lingkungan yang terus berkembang, meninjau ulang kelebihan dan kelemahan serta mencermati peluang dan ancaman bisnis perusahaan. Proses dari manajemen strategi dapat mengahsilkan keputusan terbaik, selain itu kegiatan strategi dapat memnambah kemampuan perusahaan dalam menghadapi ancaman. Para pegawai di perusahaan ikut terlibat dalam menyusun manajemen strategi perusahaan. Hal tersebut bermanfaat dalam mempererat hubungan antar karyawan didalam suatu perusahaan, dan dapat menambah motivasi karyawan dalam bekerja.

Adanya manajemen strategi tersebut diharapkan akan membuat perusahaan mempunyai planning kedepannya, sehingga perusahaan akan tetap eksis yang tidak mengalami kabangkrutan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.banyak pebisnis yang menjalankan bisnisnya tidak mempunyai srategi sehingga bisnis yang dijalankan hanya eksis di bukan-bulan pertama setelah buka. Tak hanya itu pebisnis awam akan kaget jika terjadi sesuatu yang tidak direncanakan seperti halnya dengan wabah virus covid-19 mereka akan kewalahan mengatur bisnisnya agar tetap berdiri, jika mereka tidak mempunyai strategi mau tidak mau bisnis mereka akan mengalami kebangkrutan. 

Berbeda dengan pebisnis yang mengerti betul tentang bisnis, mereka merencanakan dengan kehati-hatian bisnis yang dijalankan agar tetap aktif dan eksis sepanjang masa. Oleh sebab itu orang yang sudah terjun dan menekuni bisnis atau memulai bisnisnya sendiri dari nol atau dari bawah dan sudah paham betul dengan bisnis biasanya mereka sudah mempunyai strategi yang ingin dilakukan jika ada sesuatu yang tidak diinginkan, dengan itu bisnis mereka akan tetap berdiri dan eksis di tengan pandemic tersebut. Jika merekan mengalami kebangkrutan mereka akan cepat pulih dibandingkan degan orang yang berbisnis hanya cuma-cuma mereka akan mengalami kesulitan bangkit jika mereka bangkrut.

Dengan manajemen strategi diharapkan strategi tersebut dapat dikelola dengan baik sesuai yang direncanakan, sehingga strategi dapat diterapkan untuk menjalankan semua kegiatan dan tindakan berbisnis. Tahap dalam manajemen strategi yaitu yang pertama yaitu perumusan strategi, perumusan strategi yaitu tindakan utama untuk mewujudkan misi organisasi sehingga dapat memunculkan suatu program. Yang kedua yaitu perencanaan tindakan, membuat perencanaan strategi dalam perusahaan baik berupa rencana pencapaian, rencana kegiatan, rencana pembukuan dan rencana yang ingin dilakukan jika terjadi kendala. Yang ketiga implementasi, untuk menjamin keberhasilan strategi yang dibuat harus diwujudkan dalam tindakan implementasi yang tepat sesuai strategi yang dijalankan.

Manajemen strategi di buat untuk menambah kepekaan perusahaan terhadap ancaman eksternal maupun internal, penerapan manajemen strategi dapat meningkatkan kualitas perusahaan dalam menghadapi sesuatu. Perusahaan yang menggunakan manjemen strategi berbeda dengan perusahaan yang tidak menggunakan manajemen strategi, perusahaan yang menggunaan konsep manajemen strategi akan lebih terplaning dan lebih waspada akan sesuatu hal. Perusahaan yang tidak menggunakan konsep manajemen strategi akan mengalami kakacauan jika ada sesuatu yang tidak dinginkan.


Bagikan :

Tambahkan Komentar