Oleh Izza Irfiani


Dalam ceramahnya, cak nun pernah menyampaikan bahwa 3 konsep yang harus dipegang teguh manusia adalah pertama akidah, kedua akhlak dan ketiga adalah akuntasi atau tentang pengelolaan uang, kita tau sebagai muslim bahwa keyakinan mendasari semua dimensi kehidupan manusia. Bagaimana akal  kita tidak mampu menjangkau pluralitas, harmonisasi kehidupan manusia disitulah keyakinan menjangkau, kemudian hal ikhwal yang secara fitrah penting untuk dijaga adalah akhlaqul karimah. 

Nah begitu pula dengan alat atau perantara hidup manusia meliputi materi diantaranya adalah uang. Kita tau bahwa kita manusia sangat gila dengan benda ini. Kita tidak bisa lepas dengan benda yang merona ini, bagaimana cara islam menjangkau hal tersebut mari kita bahas dalam tema akuntansi dalam islam.

Akuntansi Secara garis besar, pengertian atau definisi akuntansi adalah suatu proses yang diawali dengan mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data, serta mencatat transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Atau secara ringkasnya bagaimana ilmu mengotak atik keuangan dengan baik dan aman.

Islam adalah agama yang mampu menjangkau segala macam dimensi dan hiruk piruk kehidupan manusia makanya kita tau bahwa islam sebagai way if life, jalan hidup apa yang ingin kita ambil di dunia dalam islam tersedia, tinggal kita menggali dalam alqur’an dan sunnah nabi. Berkaitan dengan hidup ulama telah memberikan  hukum asal dalam islam tentang ibadah dan muamalah, jika berkaitan dengan ibadah segala sesuatu dilarang dikerjakan jika tidak ada tuntunan atau ajaran dalam alquran dan sunnah, jika muamalah sebaliknya kita diperbolehkan melakukan apapun yang berkaitan dengan kemanusiaan selama tidak ada larangan yang ada dalam alqur’an dan sunnah Yang perlu diperhatikan adalah segi keharamannya kemudian menjauhinya. 

Namun Jika digarisbawahi dari dua kaidah hukum asal tersebut bahwa potensi kreativitas, mau menambah, mengembangkan mengurangi yang berkaitan dengan hal muamalah boleh dikerjakan selama ada maslahat dan tidak ada larangan di dalamnya. Jadi, bidang politik, sosial, ekonomi, termasuk di dalamnya adalah instrumen-instrumen bidang tersebut, seperti: manajemen, akuntansi, dan lainnya, merupakan bagian dalam muamalah yang bersumber pada syariat Islam. 

Sejarah islam telah melampaui dunia ke-akuntasian atau dalam islam istilah akuntansi menggunakan kata al-muhasabah sedangkan  lembaga publik yang telah ada pada masyarakat Islam sejak awal periode Islam sampai masa pendudukan Barat nya namanya al-hisbah. 

Poin pentingnya dalam akuntansi adalah Memastikan masyarakat mendapat hak atas timbangan dari ukuran yang benar, mencegah kecurangan bisnis, Mengaudit kontrak-kontrak yang tidak benar, seperti kontrak tentang riba, Menjaga terlaksananya pasar bebas, Mencegah penimbunan barang kebutuhan masyarakat. Itulah diantara hal penting yang harus dijaga dalam akuntansi dalam islam


Bagikan :

Tambahkan Komentar