Temanggung, Hariantemanggung.com — Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa resmi menyelenggarakan Pemilihan Raya (Pemira) Mahasiswa di halaman INISNU Temanggung pada Sabtu, (19/06/2021). Pemira Mahasiswa ini dilaksanakan guna memilih satu orang ketua Senat Mahasiswa, satu pasang ketua dan wakil ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa periode 2021-2022.


Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Sebanyak 419 mahasiswa turut aktif dan berpartisipasi dalam memilih calon pemimpin mahasiswa pada satu tahun yang akan datang, dan ini menjadi apresiasi baik untuk mahasiswa. Hal itu, ditandai dengan tingkat partisipasi Demokrasi mahasiswa yang mencapai presentase 80% lebih mahasiswa yang ikut memilih. 


Meskipun mendatangi kampus, seluruh mahasiswa diwajibkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan. Sehingga kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan sehat. 


Seusai menjalankan prosesi pencoblosan, panitia KPUM melaksanakan perhitungan suara yang disiarkan langsung di kanal YouTube INISNU TV. Di akhir perhitungan suara, terdapat 381 suara yang didapat secara offline (pencoblosan) dan 38 suara secara online (google formulir). Adapun suara secara online dikhususkan bagi mereka yang sangat berhalangan hadir dengan alasan tertentu, seperti sakit, trimester, bepergian ke luar kota, isolasi mandiri, dan sedang bekerja pada jam saat pemira mahasiswa dilaksanakan. 


Partai Kebangkitan Mahasiswa memimpin dalam perhitungan suara kali ini, dari awal hingga akhir. Baik dari kandidat calon ketua Senat Mahasiswa maupun pasangan calon ketua dan wakil ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa. Sehingga di akhir perhitungan suara, Arfan Isro'i (ES/6) dari Partai Kebangkitan Mahasiswa terpilih sebagai ketua Senat Mahasiswa periode 2021-2022, dan Ndoko Andri (HK/6) beserta wakilnya, Robaetu Nawa (PAI/6) terpilih menjadi pasangan ketua dan wakil ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa periode 2021-2022.


Misbachul Munir, demisioner ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa, mengapresiasi kinerja KPUM dari awal hingga puncak demokrasi mahasiswa dengan diadakannya pemira mahasiswa ini. 


Ketua KPUM, Saiful Umam, juga menyampaikan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada seluruh panitia KPUM yang turut menyukseskan kegiatan ini. Ia juga mengingatkan bahwa akan ada Sidang Pleno terbuka yang menetapkan ketua Senat Mahasiswa, pasangan ketua dan wakil ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa terpilih pada Senin, (21/06/2021).


Selebihnya, Pemira ini perlu dilanjutkan untuk kedepannya. Pasalnya dari pemira inilah pendidikan politik bisa berjalan. Selain itu juga, bisa mendukung keberjalan regulasi Ormawa yang sesuai dengan keputusan Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi tentang organisasi mahasiswa. (*)

Bagikan :

Tambahkan Komentar