Oleh Nella Salsabila

Mahasiswa Prodi PIAUD STAINU Temanggung

Pendidikan karakter merupakan sebuah nilai yang harus dipelajari, dirasakan, dan diterapkan dalam keseharian anak. Pentingnya pendidikan karekter diterapkan sejak usia dini  dikarenakan pada masa ini masih dalam tahap perekmbangan awal. Pada masa-masa inilah para calon generasi muda akan belajar dalam mengenali dirinya dan lingkungannya yang memiliki kultur sosial serta budaya yang beragam. Konsep pendidikan karakter di Indonesia adalah pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia dalam rangka pembinaan kepribadian generasi muda yang mencakup tiga aspek yaitu pengetahuan moral (moral knowing), sikap moral (moral feeling), dan perilaku moral (moral acting). Konsep pendidikan Islam adalah bimbingan yang diberikan oleh seseorang kepada seseorang agar ia berkembang secara maksimal sesuai dengan ajaran Islam yang menyangkut pembinaan jasmani, akal, dan hati anak didik.

Bagaimana pendidikan karakter bila tidak diiringi dengan pendidikan islam? Pendidikan agama islam sangat erat sekali kaitannya dengan pendidikan pada umumnya, pendidikan agama islam bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan anak terhadap Allah SWT. Selain meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT, pendidikan islam juga sebagai wahana pembentukan karakter manusia yang bermoralitas tinggi. Karena dalam pendidikan islam, moral atau akhlak tidak bisa dipisahkan dari keimanan. Bila pendidikan karakter diterapkan tanpa diiringi pendidikan islam hanya akan membentuk karakter anak yang biasa saja tanpa kesan religi. Maksudnya karakter yang terbentuk hanya individu yang maju, mandiri, dan kokoh dalam menggenggam prinsip, tanpa keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

Untuk keseimbangan pendidikan, upaya membentuk generasi berkarakter islami maka dalam menjalankan pendidikan karakter tidak lupa diiringi dengan pendidikan islam. Tujuan pendidikan karakter dengan diiringi pendidikan islam yaitu keseimbangan. Keseimbangan yang dimaksud adalah membentuk generasi berkarakter dengan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Pendidikan karakter akan menjadi benteng dari berbagai perilaku bahaya yang tidak diketahui dimasyarakat saat ini. Sedangkan pendidikan islam akan menjadikan generasi yang beriman dan bertaqwa terhadap Allah SWT serta berakhlak mulia.

Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis islami ini harus dilakukan secara kontinu atau pembiasaan, tidak bisa hanya sekali pelaksanaannya. Jika hanya sekali pendidikan karakter berbasis islami dilakukan hanya akan menambah wawasan anak saja tidak untuk pelaksanaan dan penerapannya. Karena dalam pendidikan ini mencakup 3 aspek yaitu pengetahuan, perasaan, dan tindakan. Tanpa 3 aspek ini, maka pendidikan karakter berbasis islami tidak akan efektif.

Pendidikan karakter berbasis islami ini adalah sebuah proses yang tidak akan pernah berhenti dan tidak ada akhirnya. Pendidikan ini memerlukan setting lingkungan untuk mendukung perilaku. Peran orang tua sangat penting dalam pendidikan ini. Orang tua adalah pendidik pertama dan utama dalam lingkungan keluarga. Contoh pendidikan karakter yang berbasis islami yang diberikan orang tua dalam keluarga antara lain : orang tua melatih kedisiplin diri pada anak, melatih ketekunan, bertanggung jawab sejak usia dini, sikap rendah hati terhadap sesama, membudayakan tata krama, menjunjung nilai-nilai kejujuran, cinta kepada Allah dengan membiasakan beribadah tepat waktu. Dan perlu diingat pelaksanaannya tidak bisa hanya sekali perlu pembiasaan untuk membentuk karakter islami tersebut.

Pada masa era global yang semakin mengedepankan ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih, tanpa disadari membawa dampak negatif yang besar. Dampak negatif tersebut sudah banyak ditemukan dan mungkin dirasakan oleh generasi-generasi saat ini. Hal tersebut juga akan menyebabkan turunya atau runtuhnya karakter anak bangsa. Maka pendidikan karakter berbasis islami ini adalah pilihan yang relevan untuk diterapkan. Bukan hanya pendidikan karakter saja, namun pendidikan karakter yang diiringi pendidikan islam atau pendidikan karakter berbasis islami yang akan membentuk dan menghasilkan generasi islami yang berkarakter dan berakhlak mulia.

 

Bagikan :

Tambahkan Komentar