Bansari, Hariantemanggung - Pada Sabtu, 21 Maret 2020, tempat pelaksanaan BKKBN Kecamatan Bansari Temanggung mengadakan seleksi calon duta genre 2020 tingkat kecamatan untuk mencari satu pasangan yang nantinya akan dikirimkan ke temanggung untuk menjadi perwakilan dari Kecamatan Bansari untuk berlomba di tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang yaitu bertempat di Graha Bhumi Phala Temanggung, dan apabila dari lomba duta genre ditingkat kabupaten ini lolos maka selanjutnya akan dikirim untuk lomba di tingkat Provinsi.

Seleksi duta genre tersebut dihadiri oleh 8 peserta yang terdiri dari 3 putra dan 5 putri, peserta tersebut diantaranya berasal dari Desa Mojosari,Desa Bansari,Desa Candisari,Desa Campuranom dan Desa Mranggen kidul ,ada 3 dewan juri yang hadir pada acara kali ini, di antaranya Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Bansari , Presenter Temanggung TV, dan dari dinas pariwisata.

Para peserta pada acara ini diharuskan mempresentasikan materi tentang pernikahan dini, hiv aids, seksualitas, dan napza , dengan durasi waktu maksimal 5 menit ,setelah itu peserta menampilkan bakat yang mereka punya diantaranya seperti bernyanyi, menari, bermain musik dan lain-lain. Setelah para peserta menampilkan pentas seni , peserta akan diwawancarai oleh dewan juri, pertanyaan yang diberikan adalah seputar pengetahuan tentang napza, hiv aids dan pernikahan dini, serta mereka ditanya tentang pengetahuan-pengetahuan lokal dan umum.

Para remaja yang mengikuti seleksi pada hari ini diharapkan bisa menjadi contoh bagi remaja khususnya dikecamatan bansari, terlebih lagi pada saat ini angka pernikahan dini dan penyalahgunaan narkoba sangat tinggi di bansari, maka dari itu peran kalian sangat diperlukan dalam meninimalisir terjadainya hal tersebut, salah satu cara untuk menanggulangi penyalahgunaan narkoba tersebut adalah dengan mengadakan sosialisasi untuk para remaja maupun anak-anak tentang bahaya naroba,risiko penyalahgunaan narkoba serta penangganan narkoba, dengan harapan bahwa para remaja di Kecamatan Bansari ini tidak terjerumus ke dalam TRIAD KRR.

Selain mencari duta genre yang akan berlomba di Temanggung April mendatang, output dari acara ini adalah bagaimana mereka membentuk suatu organisasi yang mewadahi para remaja yang ada di Kecamatan Bansari yang bertujuan untuk mencegah agar para remaja bisa Menjauhi TRIAD KRR. Selain itu, organisasi yang akan dibentuk tersebut adalah sebagai tempat untuk remaja yang ada di Kecamatan Bansari dalam mengembangkan Potensi-potensi yang mereka punya. (Htm55/M Ichsanudin).
Bagikan :

Tambahkan Komentar