Oleh  Anindita Regina Puti
MAHASISWI PIAUD STAINU TEMANGGUNG &  Guru RA MASYITOH 1 PARAKAN TEMANGGUNG

Pentingnya pendidikan seksual pada anak perlu  sebagai orang tua dan orang paling dekat dengan anak memberikan pendidikan seksual.  pendidikan seksual sangat perlu untuk anak ketahui dan orang tua sampaikan , misal orang lain yang tidak anak kenal atau bukan keluarga dekat si anak sebaiknya anak perlu waspada yaitu dengan cara memberi tahu tidak memperbolehkan orang lain memegang  atau menyentuh bagian dada atau bagian alat kelamin.

Pemahaman yang berbeda terhadap arti pendidikan seks membuat orang salah mengartikan. Kata pendidikan seks sebagai sesuatu yang jorok dan hanya mengajarkan hubungan kelamin antara laiki-laki dan perempuan . padahal , pendidikan seks merupakan bagian dari pendidikan secara keseluruhan , sehingga pengertian pendidikan seks erat hubungannya dengan pendidikan pada umumnya. Pengertian Pendidikan seks dapat diperhatikan dari kata yang membentuk istilah tersebut yaitu pendidikan dan seks.

pendidikan seks bisa ditanamkan sejak dini saat anak mulai mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan seksualitas. Semakin dewasa usianya , orang tua lebih lengkap sehingga mereka tidak mencari informasi yang tersebar bebas di Internet tanpa adanya pembenaran yang akurat dan bertanggung jawab. Dalam pakar psikolog seks yaitu anak yang berusia 11 sampai 20 tahun , dia harus mengerti tentang saesuatu seks yang perlu dia pelajari. Pada usia 3 anak sudah mulai di kenalkan dengan pembelajaran pendidikan Seks Anak Usia Dini , agar mengajarkan anak lebih menyanyangi perduli dan mencintai diri sendiri.

Pengawasan orang tua sangat penting untuk mendampingi anak. Ketika anak hanya memakai kaos dalam saja atau memakai baju yang terlalu minim ketika keluar rumah, itu juga mengundang atau  memicu kejahatan seksual disekitar lingkungan tempat tinggal anak. Sangat miris  melihat kasus kejahatan pelecehan seksual terhadap anak. Maka dari itu orangtua harus berwaspada dan berhati – hati  terhadap orang disekitar lingkungannya.

Rasa penasaran mengenai seks adalah langkah alami dari pertumbuhan anak untuk belajar tentang tubuhnya. Pendidikan Seks membantu anak untuk lebih memahami tentang tubuh dan membantu mereka mencintai tubuhnya. Dalam artian , anak lebih perduli lagi dengan tubuhnya dengan apa dan bagaimana carannya untuk menjaga

Beri penjelasan pentingnya pendidikan sexsual kepada anak. Misal anak hanya boleh bersentuhan tangan sekedar bersalaman dengan guru ,teman atau saudara. atau anak dibiasakan memakai baju yang rapih dan sopan ketika keluar rumah.  Beri tahu  si anak jika ada yang mendekat atau mencoba menyentuh dada ataupun alat kelamin anak, dan jangan takut sampaikan pada guru atau ayah ibu dirumah.

Lalu , penjelasan yang sederhana kepada anak yaitu Sebaiknya tempat tidur Anak jika sudah Baliq dipisah , dengan cara memisahkan tempat tidur anak lelaki dan adik perempuannya. Atau jika masih tidur dengan ayah ibunya sebaiknya si Anak mulai dilatih tidur sendiri. Yang perlu diperhatikan oleh orangtua ketika anak mandi, sebaiknya anak mandi sendiri dan dibiasakan anak keluar dari kamar mandi memakai handuk.  

Yang paling penting adalah orangtua memberikan anak pendidikan bela diri. Tujuan bela diri untuk anak yaitu agar Si anak untuk bisa membela dirinya ketika bahaya menyerangnya. Entah itu dilingkungan tempat tinggal atau di lingkungan sekolahnya.  Pelajaran bela diri untuk anak , itu sangat penting untuk melatih fisik dan mental anak. Agar  siAnak juga merasa berani dan  Anak menjadi tidak mudah takut kepada orang lain.

Pada Masanya , anak diberikan pendidikan seksual yang sangat sedini mungkin agar anak mengerti dengan perbedaan jenis kelamin. Banyak tutorial pengarahan - pengarahan yang penting untuk anak yang harus dipelajari dan diingatkan. Ibu atau guru  Ajarkan anak seperti tidak mengijinkan orang lain menyentuh anggota badannya  kecuali orang tua  atau orang yang dia kenal. Hindari orang lain menyentuh anggota badan yang tertutup kaos dalam.  

Oke , sekarang kita bahas . kenapa Pendidikan Seksual ini sangat penting untuk Anak Usia Dini ? selama ini , pendidikan seks untuk anak usia dini anggap hal yang kurang tidak etis di kalangan masyarakat. Masyarakat beranggapan bahwa pendidikan seks belum pantas diberikan pada anak kecil. Setiap tahap perkembangan pada anak mempunyai karakteristik tersendiri sehingga membutuhkan pola asuh dan pola didik yang berbeda , oleh karena itu , dalam mendidik anak , orangtua  ataupun guru perlu memiliki pemahaman yang mendalam terhadap karakteristik anak , baik fisik maupun psikologi anak yang punya.
Pengenalan Pendidikan Seks pada anak , dalam melakukan pendidikan Seks pada anak usia dini diperlukan cara-cara yang tepat.

Pendidikan seks (secx education) pada dasarnya merupakan upaya pengajaran penyadaran dan penerangan tentang masalah-masalah seks yang diberikan kepada anak agar ia mengerti masalah-masalah yang berkenan dengan seks , naluri , dan perkawinan , sehingga jika anak telah dewasa dan dapat memahami unsure – unsur kehidupan ia telah mengetahui masalah-masalah yang dihalalkan dan diharamkan. 

Pendidikan Seks bagi anak sangat penting diberikan sejak dini agar anak mengetahui fungsi organ seks , tanggung jawab mereka yang berkaitan dengan organ seks , dan panduan menghindari penyimpangan perilaku seksual sejak dini. Selain itu , pendidikan seks juga memberikan bekal pengetahuan serta membuka wawasan anak seputar masalah seks secara benar dan jelas. Pemberian pendidikan seks yang benar berarti menghindari anak dari berbagai risiko negative perilaku seksual ketika mereka beranjak dewasa , seperti terjadi kehamilan diluar Nikah , pelecehan seksual dan penyakit menular sepertii HIV AIDS.

pada pembelajaran Seks pada anak usia dini ini , orangtua banyak belajar dengan pakar psikolog. Agar dapat bisa menjawab pertanyaan anak ketika anak bertanya , dari mana dia berasal darimana dia dilahirkan , kenapa lelaki dan perempuan itu berbeda. jadi orangtua menjawab dengan tepat dan tidak ragu – ragu .

Bagikan :

Tambahkan Komentar