Oleh : Febi Tias Indriyani
Mahasiswi Prodi PGMI STAINU Temanggung

Biodata buku:
Judul Buku: Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian
Nama Penulis  : Prof. Dr. Ir. Soetriono, MP. & Dr. Ir. SRDm Rita Hanafie, MP.
Nama Editor   : FI. Sigit Suyantoro
Penerbit: C.V ANDI OFFSET
ISBN   : 979-763-839-1
Tebal   : 220 hlm.

Dalam buku ini dijelaskan mengenai perekembangan ilmu pengetahuan yang mana, manusia di dalam menjalani kehidupan mempunyai tujuan yang lebih tinggi dari sekedar kehidupannya. Inilah yang menyebabkan manusia mengembangkan ilmu pengetahuan sehingga mendorong manusia menjadi makhluk yang bersifat khas di muka bumi ini, yang mampu menalar dan berfikir. Yang mana dorongan tersebut dapat ditimbulkan dari diri manusia yang sehat baik sehat rohani maupun jasmani. Ilmu pengetahuan diperoleh manusia bukan hanya dengan penalaran, melainkan juga dengan kegiatan berfikir lainnya, misal dengan perasaan.(hlm.40)

Pada awalnya manusia memperoleh pengetahuan melalui suatu pengamatan yang berawal dari memilih kemudian melakukkan percobaan. Kebanyakan pada masa ini pengetahuan lebih banyak diperoleh dari alam sekitar, bahkan makanan, minuman, dan pakaian pun semua bergantung pada alam. Mereka akan berpindahke tempat lain ketika apa yang diperlukan di tempat itu habis.(hlm.118).

Seiring berjalannya waktu,  di Indonesia mulai berkembang pengetahuan manusia yang disitu mulai mengenal dan mempunyai pengetahuan tentang mengatur negara. Dan dalam kehidupannya mulai berkembang pertanian, peternakan, bercocok tanam, pembuatan pakaian, pembuatan makanan dll, setelah manusia mulai memahami bahwa tidak semua dapat diperoleh dari alam.  Pada masa itu juga pengetahuan manusia telah berkembang lebih maju dan mulai mengenal yang namanya membaca, menulis dan menghitung.(hlm.119)

Ilmu berkembang terus-menerus, makin lama makin pesat. Di lain pihak data yang harus diamati makin lama semakin banyak. Untuk menjaga kesinambungan perkembangan ilmu tersebut maka diperlukan predaksi dan ekplanasi. Jika seorang ilmuwan ingin memperkenalkan atau menjual ilmunya agar diterima orang lain maka konsekuensinya harus mampu melakukan prediksi dan ekplanasi. Predaksi dan ekplanasi yang didasarkan pada hukum dan teori yang telah ditarik berdasarkan logika.(hlm.125)

Melalui buku ini pembaca bisa mengetahui perkembangan pengetahuan sebagaimana yang telah disajikan dalam buku ini yang memberikan bekal peracangan riset yang didasari oleh fundamental filsafat ilmu yang masih diakui kebenarannya sampai sekarang.

Kekurangan dan Kritik
Pembahasan dalam buku ini menggunakan bahasa yang sulit dipahami, dan jika kita ingin membeli buku ini sulit untuk mendapatkannya, untuk itu harus melalui akun instagram dan situs jasa penjual buku tersebut.

Kelebihan dan Pujian
Meskipun buku ini menggunakan bahasa yang sulit dimengerti namun pembahasan dalam isi buku ini begitu lengkap. Buku ini juga mempunyai cover yang menarik dan kertas yang sangat bagus.

Bagikan :

Tambahkan Komentar