Oleh M Najwa Sidqi Aliyul Hikam
Mahasiswa Prodi PGMI STAINU Temanggung

Identitas Buku
Judul Buku: Filsafat Umum Zaman Now
Nama Penulis : Hamidulloh Ibda, M.Pd
Nama Editor: Khamim Saifuddin, M.Pd.I
Penerbit: CV. Kataba Group
ISBN: 978-602-50213-3-6
Tahun Terbit: 2018
Cetakan: Ke  I, Agustus 2018
Tebal: 21 x 14 cm, xv + 281 hlm

Pengetahuan merupakan dasar manusia dalam sehari-hari selain pendidikan, dengan pengetahuan manusia mampu mengerti akan suatu hal, meskipun setiap manusia mempunyai kekurangan dan kelebihan dalam pengetahuan. Disini ada 6 jenis pengetahuan.

Yang pertama Pengetahuan langsung(immediate) (hlm19) yang kedua Pengetahuan tidak langsung (mediated) (hlm19) yang ketiga Pengetahuan inderawi (perceptual) (hlm19) yang keempat Pengetahuan konseptual (conceptual) (hlm19) yang kelima Pengetahuan particular (particular) yang keenam pengetahuan universal (universal) (hlm19).

Setiap manusia membutuhkan pengetahuan dan kebenaran. Ada empat macam pengetahuan. Pertama, pengetahuan wahyu (revealed knowledge) yang mendasarkan pengetahuan dan kebenaran. (hlm20)
Kedua, berupa pengetahuan intuitif (intuivite knowledge) yang bersumber dari dalam diri manusia itu sendiri melalui berbagai kegiatan. (hlm20).

Ketiga, pengetahuan rasional (rational knowledge) melalui latihan rasio atau akal manusia lewat pengamatan peristiwa yang faktual. (hlm20).

Keempat, pengetahuan empirik (empiricial knowledge) yaitu pengetahuan yang didasarkan pada panca indera manusia. (hlm20).

Kelebihan buku ini adalah cover buku ini menarik dan membuat lebih tau tentang filsafat umum.

Kekuarangan buku ini adalah bahasanya banyak yang asing sehingga sulit dipahami orang awam dan bukunya terlalu sulit ketika dibuka.


Bagikan :

Tambahkan Komentar