Oleh Hilal Mulki Putra


Judul Buku: Konseling dan Psikoterapi Cara Filsafat (Dari Phytagoras Hingga Posmodernisme).
Pengarang: Alex Horward
Penerbit: Palgrave
Tahun Terbit: 2005
Tebal Halaman: 499 halaman

Buku ini menjelaskan tentang perkembangan serta pemikiran para fisuf yang sangat berperan penting terhadap perkembangan filsafat didunia. Karena dalam setiap pandangan filosof tentunya terkenal dengan pemikiran yang sulit dimengert dikarenakan banyaknya pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran mereka jika tidak diutarakan.

Misal dalam kehidupan ini pastinya seseorang mencari sebuah kebahagiaan. Dalam buku ini dituliskan mungkinkah kebahagiaan adalah efek samping dari aktifitas lain? Yang kalau kita mengejarnya, justrui kita akan kehilangannya?

Tetapi dalam buku ini digambarkan bahwa persoalan tentang makna kebahagian dalam kehidupan telah dipikirkan oleh para filsuf dari zaman Phytagoras, Socrate hingga filsuf yang lain-lain.

Kelebihan Buku
Alex Howard dapat membawakan keterangan dari berbagai sudut pandang setiap filsuf dari Phytagoras (580-500 SM) hingga Jean Paul Satre (1905-1980) dengan begitu jelasnya dan dapat dipemengerti karena dalam buku ini dituliskan pula setiap ungkapan yang diutarakan oleh para filsuf dan dijabarkan kembali oleh Alex Horward. Karena menjelaskan ataupun mendeskripsikan setiap filsuf selain menggunakan sudut pandang pribadinya, Alex Horward juga menggunakan berbagai sumber buku yang dijadikannya sebagai penguat serta kelebihan buku ini Alex Horward menjelaskan kata-kata yang dulit untuk dipahami dengan bentuk footnote.

Alex Horward dalam menjelaskan arti filsafat itu sendiri terdengar sangat mudah untuk dipahami karena menurut beliau “filsafat adalah pencapaian akhir setelah anda terus mempertanyakan dasar-dasar dari jawaban sebelumnya.” Karena menurutnya semua asumsi ini akhirnya menimbulkan banyak pertanyaan, termasuk kerangka pengetahuan dan objektivitasnya.  Karena intinya menurut beliau, kita tidak dapat mencari sebuah jawaban yang paling relevan karena setiap sudut pandang manusia selalu berbeda dalam pemecahan suatu pertanyaan.

Kekurangan Buku
Dalam cover buku bagian belakang, menurut saya bahasa yang digunakan sangatlah sulit untuk dimengerti oleh para orang yang masih awam pada filsafat itu sendiri karena seperti bahasa konselor dan terapis seperti kurang cocok dalam penyembuhan suatu problematika yang dihadapi seseorang dengan metode filsafati,  karena seseorang hanya mengenal proses secara psikologi bukan proses secara filsafati.  

Saran
Sebaiknya dalam penulisan cover belakang lebih menggunakan bahsa yang dapat dipahami oleh masyarakat awam agar lebih mudah dalam memahami maksut isi buku serta dengan bahasa yang lebih mudah dalam cover belakan akan lebih mudah menarik minat masyarakat atau calon pembaca lebih tertarik membaca.


Bagikan :

Tambahkan Komentar