Oleh : Sindi Nur Azizah
Peresensi adalah Mahasiswi PGMI STAINU Temanggung

Gadget pada saat ini merupakan sesuatu yang tidak dapat terpisahkan dari aktifitas sehari-hari. Kemanapun pergi gadgt selalu dibawa, karena apapun yang ada selalu bisa diakses dengan gadget sehingga tidak heran jika anak-anak masa kini sudah mulai mengenal dengan yang namanya gadget. Tidak hanya sekedar mengenal akan tetapi banyak sekali anak-anak yang sudah kecanduab gadget untuk keperluan berbagai hal. Anak-anak memang tidak dilarang untuk mengenal gadget karena melalui gadget bnyak hal yang dapat dipelajari dari gadget, seperti hafalan doa-doa, lgu anak-anak, permainan yang modern untuk anak, dan dapat juga melatih anak agar mengenal teknologi baru serta tidak gaptek.

Akan tetapi, tentu anak-anak tidak boleh berlebihan dan tidak terlalu lebih mengenalnya. Karena jika anak-anak terlalu jauh mengenal gadget atau bahkan sampai kecanduan gadget maka hal itu sangat tidak baik untuk perkembangan pemikiran anak kedepannya. Karena jika anak sudah kecanduan gadget maka akan semakin sulit untuk mengatasinya.

Dalam hal ini orangtua menjadi pilar utama dalam mengatasi anak-anak supaya lebih bijak dalam menggunakan gadget, karena tanpa pengawasan dari orang tua maka anak-anak akan semakin sulit untuk diatasi karena anak-anak beranggapan bahwa gadget sudah merupakan teman baginya.

Gadget pada Anak MI/SD
Di era sekarang ini memang perkembangan gadget semakin berkembang pesat. Bentuk gadget yang semakin menarik serta suguhan aplikasi yang seakin beragam memudahkan semua orang untuk mengakses beragam informasi dari segala aspek kehidupan. Perkembangan gadget membuat orang tua ada yang berpikir “instan” dalam mendidik anaknya. Sehingga di masa sekaarang, bukan hl yang aneh laginapabila ada orangtua yang menydiakan fasilitas berupa gadget untuk anaknya yang masih berusia dini. (hlm 280)

Menurut para pakar pendidikan (alam Maulida, Hidayati : 2003) “sebaiknya seorang  anak menggunakan gadget saat berusia enam tahun. Karena di usia tersebut perkembangan otak anak meningkat hingga 98% dari otak orang dewasa. Enam tahun, anak lebih banyak untuk bermain karena anak tertarik dengan visual (gambar) dan suara yang beragam yang terdapaat pada gadget”. (hlm 281)

Pengenalan Gadget Pada Anak
Melihat anak-anak bermaingadged kapanpun dan dimanapun bukanlah hal yang sult lagi kita temukan. Bahkan balita pun sekarang tak jarang yang sudah punya gadget atau bermain game lewat gadget orang tua. Ternyata gadget punya sisi positif jika kita pintar dan bijak mengenalkannya. Tentu menjadi kontroversi mengingat gadget memiliki beberapa dampak negative bagi anak, sebenarnya gadget juga memiliki sisi positif jika kita tahu dan kapan waktu yang tepat mengenalkannya pada anak.


Dalam menyikapi perkembangan teknologi saat ini termasuk gadget ada baiknya anda mengetahui waktu yang tepat dalam pemberian gadget dapat disesuaikan dengan perkembangan usia anak, pada usia 5 tahun dapat memperkenalkan warna, bentuk dan juga suara.  (hlm 283)

Pencegahan, Pembatasan Gadget Pada anak
Penggunan gadget pada anak usia dini biasanya dipakai untuk bermain game dari total keseluruhan pemakaian. Sedangkan yang cukup banyak juga dikalangan anak usia dini adalah pemakaian gadget untuk menonton animasi atau serial kartun anak-anak. Sedangkan hanya sedikit sekali yang menggunakan untuk berkomunikasi dengan orang tua mereka untuk melihat video pembelajaran, rata-rata anak menggunakan gadget untuk bermain game daripada menggunakan untuk hal lainya.

Di sisi lain penggunaan gadet terus menerus hingga kecanduan gadget memberikan pengaruh buruk untuk perkembangan psikologi anak usia dini menggunakan gadget dapat dilihat dari seberapa seringnya anak menggunakan gadget dalam satu hari atau jika dilihat dari setiap hari minggunya berdasarkan dari seberapa hari dalam seminggu seorang anak menggunakan gadget. (hlm286)

Untuk mencegah semakin banyaknya korban maka peran orang tua sebagai anggota masyarakat sanat dibutuhkan karena masyarakat yang sangat dekat dengan anak-anak adalah mereka sebagai orang tua, mereka sangat beruntung mendapatkan pengetahuan ini sehingga mereka mampu memantau penggunaan gadget pada anak (hlm 287)

Orang tau harus memahami bahwa penggunaan gadget pada anak perlu disesuaikan dengan usia anak jika usia anak masih dibawah 2 tahun cukup pengenalan gadget mengenai bentuk dan kegunaannya. Pada usia anak dibawah 5 tahun cukup mengenalkan mengenai warna, bentuk serta suara yang terdapat pada fitur gadget tersebut, Menemani anak anak dalam bermain dan membatasi waktu bermain gadget pada anak agar tidak banyak waktu yang digunakan bermain gadget. (hlm 289)

Kekurangan / kritik : kalimatnya terlalu bertele-tele, yang seharusnya pembaca sudah paham tapi masib diulang-ulang terus yang menjadikan pembaca malas membaca dengan intensif. Ada diksi yang kurang tepat dimasukkan. Banyak kata-kata, huruf, dan tanda baca yang hilang sehingga pembaca agak sulit memahami kalimat yang kurang tersebut.

Kelebihan / pujian : Artikel ini sangat bermanfaat, karena di dalamnya dibahas  secara mendalam dan sangat mendasar, jadi bagus untuk semua kalangan terutama pendidik dan orangtua.

Biodata Buku
Judul : Problematika Anak MI/SD Zaman Now dan Solusinya
Penulis : Danik Ermilasari, dkk
Editor : Hamidulloh Ibda, M.Pd
ISBN : 978-602-50566-5-9
Penerbit : Forum Muda Cendekia (Formaci), Semarang
Tahun Terbut : 2019
Cetakan : I (Pertama)
Tebal : 21 x 14 cm, xviii + 396 halaman
Harga : Rp. 100.000

Bagikan :

Tambahkan Komentar