Oleh Meilita Afuny Fauziah
Mahasiswi Program Studi Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Temanggung

Moderenisasi yang dikatakan sebagai tongak awal kemajuan zaman telah memberikan pengaruh dan dampak kemanusiaan yang luar biasa pada abad ke-20 ini. Moderenisasi yang membawa dampak perubahan fisik mental dalam berbagai bidang dan nilai kehidupan, yang tentunya akan membei konsekuensi dan pengaruh bagi manusia sebagai komponen dalam kehidupan. Pada dasarnya moderenisasi merupkan kemajuan teknologi yang mengakitbatkan perubahan cukup komplesk,bahwasannya kemajuan ilmu pengetahuan teknologi dan moderenisasi merupakan faktor sosial ekonomi baru yang juga akan memberikan dampak pengaruh dalam bidang kesehatan. (hlm 292)

Pada saat sekarang banyak remaja yang mengatakan  bahwa dengan minuman-minuman keras kepercayaan diri mereka bertambah dari yang pemalu menjadi pemberani, mereka beranggapan bahwa semua masalah dapat teratasi dengan minuman-minuman keras. Tapi sesuai kenyataan minuman keras dapat merusak proses berfikir dan menjadikan seseorang tidak sadarkan diri atau berindak sesuai kehendakny. (hlm 294)

Masa remaja seringpula disebut adalesensi. Menurut Knopka (2007). Fase remaja merupakan segmen perkembangan individu yang sangat penting yang diawali matangnya organ-organ fisik (seksual) sehingga mampu berreprodusi. (hlm 294)

Masa remaja ini meliputi remaja awal 12-15 tahun ; remaja madyan 15-18 tahun, dan remaja akhir ; 19-22 tahun. Analisis cermat mengenai semua aspek perkembangan masa remaja, yang secra global berlangsung antara umur 12-21 tahun dengan pembagian 12-15 tahunmasa remaja awal, 15-18 tahun masa remaja pertengahan, 18-201 tahun masa remaja akhir akan mengemukakan banyak faktor yang masing-masing pernah mendapatkan tinjauan tersendiri (S.R. Haditomo, 2004).  (hlm 295)

Mengonsumsi minuman keras adalah salah satu bentuk penyimpangan sosial. Penyimpangan sisal yang terjadi dikalangan remaja tidak akan begitu saja muncul apabila tidak akan begitu saja muncul apabila tidak ada faktor penarik atau pendorong. Faktor prnarik berada diluar seseorang sedangkan faktor pendorongberasal dari dalam diri atau keluarga yang memungkinkan seseorang untuk penyimpangan tersebut. (hlm.302)

Alasan kenapa tertarik dengan minuman keras :
Meniru orang lain
Media
Pelarian diri
Untuk terapi
Kebosanan
Informasi yang salah (hlm. 303)

Faktor – faktor yang mempengaruhi berdasarkan penelitian
Faktor individu
Faktor keluarga
Faktor lingkungan
Faktor agama
Faktor pendidikan

Kekurangan dan Kririk
Dalam tulisan ini bahasanya kurang jelas dan bertele-tele. Isi dari tulisan ini tulisannya kurang menarik dan tidak jelas. Tanda bacanya tidak tepat, dan ambigu. Sehingga pembaca kurang memahami isi dari tulisan ini. Harus membutuhkan konsentrasi yang tinggi, dalam segi menulis ataupun maknanya.

Kelebihan dan pujiaan
Kelebihan dalam tulisan ini menarik sehingga pembacanya meminat buku problematika ini. Buku ini berisi solusi yang sangat baik untuk masalah yang sedang dihadapi di era sekarang ini. Buku ini layak untuk dijadikan rujukan dalam memecahkan masalah dalam kehidupan.

Biodata buku:
Judul : Problematika Anak MI/SD dan Solusinya
Nama Penulis : Tim PGMI STAINU Temanggung
Nama Editor   : Hamidulloh Ibda, M.Pd
ISBN: 978-602-50566-5-9
Penerbit: Forum Muda Cendekia (Formaci), Semarang
Tahun Terbit  : 2019
Cetakan:  1 (Pertama)
Tebal: 21X24 cm, xviii+396 Halaman
Bagikan :

Tambahkan Komentar