Temanggung, Hariantemanggung.com – Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STAINU Temanggung periode 2019-2020 menggelar rapat perdana, Rabu (16/1/2019) di aula rapat kampus setempat. Hadir sejumlah pejabat, dosen, dan panitia PMB STAINU Temanggung 2019-2020.

Dalam kesempatan itu, panitia sudah merencanakan model PMB yang menerapkan sistem One Day, One Service, yaitu pelayanan sehari langsung tes, dan langsung ditentukan kelulusannya. Dalam model ini, ke depan tidak ada tes gelombang berapa, namun pendaftar akan mengetahui kelulusan pada hari itu atau sehari setelah tes tersebut dilaksanakan.

“Kami terima kasih atas semua panitia yang baru, semua respek, dan sigap untuk segera membentuk panitia PMB tahun ini. Insyallah, dalam kepanitiaan tahun ini ada peningkatan terutama di aspek SDM-nya daripada tahun kemarin. Mudah-mudahan dengan porsi seperti ini, kinerja kita lebih baik,” kata Drs. H. Muhammad Abdul Munjid, M.S.I Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan STAINU Temanggung saat menyampaikan arahan.

Pihaknya juga melanjutkan, dalam manajemen PMB, yang perlu diperhatikan adalah perencanaan dan aksi yang baik. “Kinerja dari tahun ke tahun, kita lihat mahasiswa pendaftar sudah ada peningkatan. Untuk itu, mudah-mudahan di tahun ini meningkat lagi,” ujar mahasiswa S3 Unissula tersebut.

Dalam sambutannya, Luluk Ifadah, M.S.I Ketua I PMB STAINUTemanggung menjelaskan, semua panitia kompak. “Meskipun kita posisinya berada pada Tupoksi masing-masing, bukan berarti kita tidak saling membantu,” beber dia.

Tim sosialisasi, kata dia, kita ambil masing-masing perwakilan prodi. “Ada tiga model sosialisasi PMB. Pertama, umum, yaitu melakukan sosialisasi di tingkat prodi masing-masing. Mengapa ini perlu? Karena ini pengampu atau pejabat prodi tertentu menyampaikan visi-misi prodi lain ini juga tidak mudah karena memang beda,” beber dia.

Sedangkan yang ketiga, kata dia, sosialisasi even atau menggandeng pada kegiatan-kegiatan tertentu. “Sosialisasi ini tidak hanya menjadi tanggungjawab secara personal. Tapi eksekutor nanti kita ada partisipasi dari mahasiswa,” beber Kaprodi PAI STAINU Temanggung.

Ketua II PMB STAINU Temanggung Hamidulloh Ibda, juga menambahkan bahwa sukses dan tidaknya PMB tidak hanya pada Bidang Sosialisasi, dan Administrasi dan Pendaftaran Seleksi. “Namun juga pada Bidang Kerohaniahan, yang ini merupakan bidang baru,” beber Kaprodi PGMI STAINU Temanggung.

Dalam forum itu, dibahas juga model seleksi one day one service, dan juga tidak ada tes gelombang I, II, atau III. “Panitia akan menerima mahasiswa selama proses pendaftaran, sampai seminggu sebelum perkuliahan baru dimulai,” beber Luluk saat menambahkan.

Selain Drs. H. Muhammad Abdul Munjid, M.S.I Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan STAINU Temanggung, hadir juga Pembantu Ketua I Bidang Akademik Dr. Baedhowi, M.Ag, dan Pembantu Ketua II Bidang Keuangan Ana Sofiyatul Azizah, M.Pd. (htm44/ibda)
Bagikan :

Tambahkan Komentar