Ilustrasi foto Mas Fikr

Oleh Wawan Shihab
Mahasiswa PAI STAINU Temanggung

Asal usul
Kue Ku adalah Kue yang terbuat dari Tepung Ketan yang diisi Kacang Hijau. Rasanya kenyal sedikit lengket dengan manis kacang hijau yang sangat lembut. Kue ini adalah Jajanan Tradisional Indonesia sampai  kue ku ini di Jawa juga sering dipanggil dengan sebutan Kue Thok, karena saat mengeluarkan dari cetakan harus diketok kencang supaya jajanannya jatuh dari cetakan. Namun kalau kata sesepuh lain, Kue ini katanya berasal dari TiongKok dengan nama Ang Ku Kueh. , Ang itu artinya Merah. Kata ini pasti merujuk pada warnanya yang merah.

Epistemologi
Jika kita perhatikan dengan seksama, kue ku ini memiliki bentuk seperti Kura Kura. Menurut cerita yang beredar, kura kura dalam tradisi Tiong Kok melambangkan usia yang panjang dan kemakmuran. Maka tak heran, pada beberapa acara, kue ini juga digunakan sebagai sesaji. Seperti sejak kapan kue ku ini di buat atau asal mula pertama dari negeri mana, saya juga kurang paham betul. Tapi kemungkinan besar ya berasal dari komunitas orang Tiong Hoa. Kue ku ini banyak bisa kita jumpai di pasar pasar tradisional dan di toko toko kue yang agak merakyat.

Aksiologi
Mengapa Kue Ku Dijadikan Lambang Panjang Umur Saat Imlek?
Hal menarik tentang kue ku lainnya adalah sebagai lambang panjang umur. Hal ini dikarenakan kura-kura yang memang umurnya panjang, seumur dengan manusia yang bisa hidup antara 80 tahun hingga 100 tahun. Dengan menghidangkan sesajian kue yang berbentuk kura-kura merah ang ku ko sewaktu sembahyang, harapannya adalah dapat berumur panjang serta dilimpahkan kesehatan pula


Bagikan :

Tambahkan Komentar