Ilustrasi
Hariantemanggung.com - Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group memberikan informasi sehubungan dengan layanan operasional dari dan menuju Bandar Udara Intenrasional Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (BTH) telah beroperasi normal kembali setelah bandar udara dinyatakan aman (safety) untuk proses mendarat dan lepas landas pesawat. Seluruh penanganan penerbangan yang mendarat dan berangkat dilakukan sesuai prosedur dengan menggunakan jadwal terbaru.



Lion Air menyampaikan klarifikasi terkait penundaan kedatangan dan keberangkatan pesawat (delayed) dikarenakan cuaca buruk (bad weather) di Batam dengan jarak pandang kurang dari 500 meter sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB, yang tidak memenuhi kualifikasi keselamatan penerbangan.



Lion Air memutuskan untuk menunda operasional beberapa penerbangan dengan alasan demi menjamin keselamatan dan keamanan seluruh penumpang dan kru.



Lion Air telah menginformasikan secara jelas kepada pelanggan yang tekena dampak dan selalu memperbarui sesuai perkembangan.



Lion Air memberikan penjelasan, bahwa penerbangan JT970 rute Bandar Udara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO) menuju Batam dengan jadwal lepas landas pada 07.01 WIB, pilot memutuskan untuk kembali ke Kualanamu (return to base/ RTB) setelah berputar (holding) tiga kali dan jarak pandang masih pendek (below visibility). Pesawat mendarat di Kualanamu dengan selamat pukul 10.15 WIB.



Lion Air telah menerbangkan kembali JT970D dari Kualanamu pukul 10.43 WIB dengan mengoperasikan pesawat jenis Boeing 737-900ER (B739) registrasi PK-LFS yang membawa tujuh kru serta 207 penumpang dewasa, delapan anak-anak dan 13 bayi. Pesawat sudah tiba di Batam pada 11.45 WIB.



Dampak JT970 tersebut menyebabkan keterlambatan penerbangan rute Batam menuju Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur (SUB) pergi pulang (PP) dan Batam ke Kualanamu.



Keterlambatan penerbangan Lion Air Group hingga pukul 10.30 WIB akibat cuaca buruk, sebagai berikut:

Kedatangan (arrival)

·         Wings Air IW1273 Bengkulu – Batam       -      sudah mendarat pukul 08.54 WIB

·         Lion Air JT246 Palembang – Batam           -      sudah mendarat pukul 08.58 WIB

·         Lion Air JT139 Jambi – Batam                      -      sudah mendarat pukul 09.03 WIB

·         Lion Air JT129 Pangkalpinang – Batam     -      sudah mendarat pukul 09.16 WIB   

Keberangkatan (departure)

·         Lion Air JT272 Batam – Semarang             -      sudah terbang pukul 10.01 WIB

·         Wings Air IW1270 Batam – Natuna           -      sudah terbang pukul 10.05 WIB

·         Wings Air IW1276 Batam – Dumai             -      sudah terbang pukul 10.10 WIB

·         Lion Air JT956 Batam – Kualanamu           -      sudah terbang pukul 10.14 WIB

·         Lion Air JT144 Batam – Padang                   -      sudah terbang pukul 10.19 WIB



Lion Air akan meminimalisir dampak yang timbul agar operasional penerbangan Lion Air lainnya tidak terganggu. (htm44/hms).
Bagikan :

Tambahkan Komentar