Ilustrasi
Temanggung, Hariantemanggung.com - Dalam Pilkada Temanggung 2018 ini, sedikitnya ada  15 tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada 2018 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, masuk dalam kategori rawan.  Hal itu dijelaskan oleh  Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo, Jumat (19/1/2018).

"Pada Pilkada 2018 di Kabupaten Temanggung, dari rencana sebanyak 1.801 TPS, 1.786 TPS kami kategorikan aman, dan 15 TPS kategori rawan," kata Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo, Jumat (19/1/2018).

Kapolres menyebutkan dari 15 TPS kategori rawan tersebut, 11 TPS masuk kategori rawan 1 dan empat TPS kategori rawan 2. Ia menjelaskan kategori rawan 1 ini lebih pada karakteristik daerahnya memang di wilayah Temanggung ini berbukit dan jaraknya jauh.

"Kalau hanya sekadar jarak yang seperti itu potensinya kami masukkan rawan 1, artinya potensi kerawanan pada pengamanan saat pendistribusian dan penjagaan pada waktu pencoblosan," katanya.

Namun, katanya, yang masuk kategori rawan 2 membutuhkan ekstra pengamanan karena selain karakteristik daerahnya yang memang sulit terjangkau, juga ada potensi konflik yang melatarbelakangi sebelumnya. "Kategori rawan 2 perlu pengawasan lebih. Kami mengikuti perkembangan situasi karena pencoblosannya masih bulan Juni nanti dan masih akan berkembang terus," katanya.

Ia menyebutkan untuk TPS kategori rawan 1 dan rawan 2 otomatis jumlah anggota Polri yang mengamankannya berbeda dengan kategori aman. "Semakin tinggi kerawanannya anggota Polri yang mengamankan akan semakin banyak, misalnya di TPS rawan 2 polisinya satu orang setiap TPS, tetapi di rawan 1 seorang polisi bisa mengamankan dua TPS dan untuk yang aman satu polisi bisa lebih dari dua TPS." katanya.

Ia mengatakan Pilkada Temanggung 2018, selain Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Jawa Tengah juga dilaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Temanggung. Ia menuturkan pada pengamanan Pilkada Temanggung, pihaknya menerjunkan 415 personel, selain itu dibantu dari Brimob Polda Jateng 100 personel, Kodim 0706/Temanggung sebanyak 177 personel dan juga dibantu sejumlah personel dari Dishub, Satpol PP, Linmas, dan Satgas Parpol. (htm55/ant).

Bagikan :

Tambahkan Komentar