Donal Trump. (ilustrasi foto flickr.com).
Temanggung, Hariantemanggung.com - Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Temanggung mengecam Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota negara Israel.

" Pernyataan dan sikap Presiden Trump telah memancing perpecahan umat dan menyebabkan konflik baru, dan karena dapat merusak perdamaian dunia," kata Ketua Dewan Penasehat GP Ansor Temanggung Yami Blumut , Minggu (10/12/2017).

Dia mengatakan cara bulat mendukung Pengurus Besar Nahdlotul Ulama (PB NU) yang mengecam sikap Trum yang arogan. GP Ansor juga akan turut dalam menggalang dukungan untuk Palestina.

Dia menjelaskan sikap dan langkah Donald Trump berpotensi melanggar prinsip hukum humaniter seperti yang diatur dalam Protokol Tambahan I Tahun 1978 Pasal 53 yang menentukan perlindungan bagi objek-objek budaya dan tempat pemujaan.

Selain itu, tambahnyajuga melanggar Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa Nomor 2253 tertanggal 4 Juli 1967 hingga Resolusi Nomor 71 tanggal 23 Desember 2016 telah menegaskan perlindungan Yerusalem terhadap okupasi Israel.

" Kami dari GP Ansor juga selalu mendukung kemerdekaan atas Palestina," katanya, maka itu GP Ansor dan juga PBNU mendesak PBB agar memberikan dan mengesahkan keanggotaan Palestina menjadi anggota resmi PBB dan memberikan hak yang setara sebagai rakyat dan negara merdeka.

Dikatakan Keluarga Besar GP Ansor Temanggung mendesak Organisasi Kerjasama Islam agar intensif mengorganisir anggotanya untuk mendukung kemerdekaan Palestina.
Adapun kepada pemerintah Indonesia, PBNU mendorong untuk aktif membantu masalah yang terjadi di Palestina.

"Pemerintah Indonesia memiliki peran yang sangat strategis untuk menjadi penengah yang bisa memediasi dinamika politik yang sedang terjadi," kata dia.

Kepada seluruh masyarakat umat Islam di dunia, ia menyerukan untuk mendoakan Palestina sebagai bentuk keprihatinannya atas pernyataan Donald Trump soal Yerusalem.

Pada seluruh warga NU, Yami Blumut mengatakan untuk membaca doa qunut nazilah, memohon pertolongan dan perlindungan pada Allah SWT agar Palestina khususnya dan juga dunia dapat tercipta situasi yang damai. (htm33.KR-Osy).
Bagikan :

Tambahkan Komentar