Danang Ari Wibowo guru SDN Igirmranak, Kejajar, Kabupaten Wonosobo
Hariantemanggung.com - Dalam rangkaian Seminar Nasional Kesharlindung Dikdas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI yang berlangsung pada 7-10 November 2017, Danang Ari Wibowo guru SDN Igirmranak, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah berhasil menyabet Juara 2 Penyaji Poster.

Ia berhasil mewakili Wonosobo bahkan Jawa Tengah di perhelatan  Seminar Nasional Kesharlindung Dikdas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI yang diikuti guru-guru se Nusantara tersebut.

Danang, dalam kesempatan itu, mengambil judul poster menarik. "Judul poster saya adalah 'Peningkatan Hasil Belajar Matematika dan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Media Kartu Pankur (Pandawa & Kurawa) di SDN Igirmranak," katanya kepada Hariantemanggung.com, Minggu (12/11/2017).

Guru kelas 6 SD ini juga menambahkan, bahwa ide dari poster tersebut berawal dari hasil belajar yang rendah pada operasi hitung penjumlahan bilangan bulat.

"Kemudian ketika istirahat melihat anak didik suka bermain kartu mainan," papar dia.

Dari hasil yang ditemukan, menurut dia, ada dampak signifikan terhadap pembelajaran matematika.

"Efek hasil belajar meningkat dan permasalahan perilaku siswa di kelas berkurang," beber dia.

Selain Danang, untuk Juara 1 Penyaji Poster disabet guru dari Bima dan untuk Juara 3 adalah guru SMP dari Bogor.

Dari kejuaraan itu, pihaknya berharap ke depan bisa meningkatkan kualitas lagi dengan mengembangkan media, metode atau strategi dalam pembelajaran untuk kemajuan pendidikan di negeri ini. (hmt44/hi).
Bagikan :

Tambahkan Komentar