Temanggung, Hariantemanggung.com
- Terinspirasi perjuangan para pemuda Indonesia 95 tahun silam (Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928) MAN Temanggung menggelar kegiatan Semarak Bulan Bahasa pada Rabu 25 Oktober dan Kamis 26 Oktober 2023. Acara yang digawangi oleh Pengurus OSIS dan Unit Kegiatan Intra Siswa (UKIS) MAN Temanggung ini menjadi ajang kompetisi dan kreativitas siswa. 

Ketua panitia kegiatan sekaligus wakil kepala bidang kesiswaan MAN Temanggung, Jakfar Sodik, menuturkan bahwa kegiatan ini adalah event tahunan yang bertujuan menumbuhkan rasa cinta siswa terhadap bahasa dan budaya bangsa Indonesia. "Berdasar pada tujuan itu dan karena event ini berdekatan dengan hari santri nasional tanggal 22 Oktober maka kegiatan bulan bahasa tahun ini mengangkat tema Santri Cinta Negeri Bangga Berbahasa dan Berbudaya Indonesia." Begitu imbuhnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan Semarak Bulan Bahasa yang digelar dua hari ini terdiri dari empat agenda utama yaitu perlombaan, seminar demokrasi dan kebhinekaan, workshop penulisan, serta pentas seni siswa sebagai puncak acara bulan bahasa. Kegiatan dibuka oleh Kepala MAN Temanggung H. Ali Masyhar pada hari Rabu 25 Oktober 2023 pukul 07.30 di halaman madrasah. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong yang disambut riuh tepuk tangan para siswa. 

Setelah pembukaan dilanjutkan perlombaan antar kelas yang meliputi sebelas cabang lomba, yaitu penulisan cerpen, tilawatil qur'an, dai/daiyah, cover shalawat, kaligrafi, sesorah, story telling, stand up comedy, pop singer, cipta baca puisi, dan news anchor. Perlombaan digelar selain sebagai ajang pencarian bakat siswa juga untuk menumbuhkan semangat berkompetisi bagi siswa, sesuai dengan visi kompetitif madrasah aliyah negeri satu-satunya di Temanggung ini. 

Kegiatan dilanjutkan pada Kamis pagi diawali dengan Seminar Demokrasi dan Kebhinekaan dengan narasumber dari penyelenggara Pemilu kecamatan Temanggung RM Bagus Pratomo Rg ST dan akademisi dari INISNU Temanggung Andrian Gandi W, M.Pd. Setelah seminar dilanjutkan Puncak Semarak Bulan Bahasa berupa penampilan grand final lomba pop singer dan cover shalawat. Juga penampilan para juara lomba dai/daiyah, sesorah, story telling, dan stand up comedy. 

Acara semakin meriah dan sangat menghibur pada siang hari saat pentas seni siswa dipertunjukkan. Tampil siswa-siswi bertalenta diantaranya group band the selfless, seni tari bedhaya sang maha ratu, drama musical roro jonggrang, seni tradisional warok, dan seni tradisional kuda lumping. Riuh tepuk tangan dan sorak sorai ratusan siswa pecah di halaman madrasah seiring penampilan pentas seni dalam acara puncak semarak bulan bahasa MAN Temanggung tersebut. (jakfar)

Bagikan :

Tambahkan Komentar