Oleh : Muhammad Adi Sucahyo


Islam merupakan agama sempurna yang memuat berbagai aturan-aturan yang mendalam dan terperinci. Dalam islam seorang muslim tentunya mempunyai kewajiban dasar yang harus di laksanakan dan telah di atur dalam rukun islam. Rukun islam adalah suatu hakikat dasar yang nantinya akan menjadi sebuah syarat utama bagi seorang muslim untuk menyempurnakan dirinya sendiri sebagai muslim yang sempurna. Rukun islam adalah amalan yang harus atau wajib dilakukan bagi umat muslim sebagai pondasi hidup. Adapun dari lima rukun islam tersebut salah satunya adalah zakat.

Definisi zakat secara Bahasa dan istilah.zakat menurut Bahasa berarti (Al Zakat) dari Bahasa arab yang artinya suci, tumbuh, berkah, terpuji. Sedangkan menurut istilah zakat berarti ibadah wajib yang dilakukan dengan memberikan kadar jumlah tertentu dari harta milik sendiri kepada orang yang berhak menerimaya menurut yang di tentukan syariat islam.

Zakat merupakan suatu hal yang wajib dilakukan bagi umat muslim, dari pengertian zakat di atas menunjukan bahwasanya zakat sebagai rukun  islam memiliki hubunggan  erat antara manusia dengan  Allah SWT yang disebut Hablumminallah, dan juga berhubungan erat dengan sesama manusia yang disebut dengan  Hablumminannas.demikian juga ketika kita telah melakukan ibadah zakat maka kita telah melaksanakan kedua hubungan tersebut sekaligus. 

Secara umum zakat dikategorikan kedalamdua kelompok, yakni zakat fitrah dan zakat maal. Zakat fitrah dapat disebut dengan zakat kewajiban bagi setiap individu. Sedangkan zakat maal merupakan zakat kekayaan yang di keluarkan dari sumber kekayaan itu sendiri, baik berasal dari pendapatan, profesi/usaha, maupun investasi. Adapun zakat maal yang merupakan bagian dari suatu usaha salah satunya adalah zakat pertanian.

Zakat pertanian merupakan salah satu jenis zakat yang sangat potensi di Indonesia sebenanya. Hal tersebut dikarenakan Indonesia sebagai negara agraris yang mayoritas kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani. Termasuk di temanggung sendiri terkenal dengan daerah pertaniannya dan masyarakat yang umumnya memperoleh pendapatan dari hasil pertanian tersebut. Oleh sebab itu, zakat pertanian seharusnya dapat dikelola dengan baik karena dapat membantu penyelesaian masalah, salah satunya permasalahan ekonomi. Dalam hal ini zakat pertanian bisa menjadi faktor utama dalam pemerataan harta benda/kekayaan di kalangan masyarakat di mana bagi pihak yang memiliki harta benda lebih agar bisa memberikan kepada pihak yang kekurangan atau tidak mampu untuk dapat  memenuhi kebutuhan hidupnya.

Hal ini perlu diwujudkan mengingat zakat pertanian sebagai bentuk ibadah yang sangat humanis dan di dalamnya terkandung banyak nilai sosial.  Dalam nilai seperti inilah ibadah zakat tergolong ibadah yang sangat mulia. sehingga perintah untuk melaksanakan ibadah zakat banyak terdapat dalam ayat-ayat Al-Quran maupun Hadis.

Zakat merupakan salah satu wujud nyata dari system ekonomi yang menunjang terwujudnya keadilan social juga diharapkan dapat menjadi salah satu instrument ekonomi yang dapat menjadi solusi terbukanya banyak lapangan kerja baru bagi masyarakat, sehingga terbuka peluang lahirnya muzakki-muzakki baru dan menjadi sember daya bagi upaya pengentasan kemiskinan

Dapat disimpulkan bahwa zakat adalah suatu bentuk rasa kemanusiaan sebagaimana manusia diciptakan, untuk tetap menjadi manusia dan selalu membantu manusia lainya. Sehingga dalam berzakat manusia akan selalu mengingat akan anugrah yang diberikan oleh tuhan. Zakat juga merupakan implementasi dari habluminalalam, habluminannas, dan habluminnalloh. 

Bagikan :

Tambahkan Komentar