Temanggung, Hariantemanggung.com - Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Pimpinan Anak Cabang Selopampang kembali menggelar Pekan Seni Pelajar Islami (PSPI) ke- V. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 24-25  Juni 2023 dan puncak acara pada tanggal 1 Juli 2023. Suatu kegiatan yang sama dengan sebelumnya tetepi beda periodenya.

Kegiatan PSPI tersebut, menjadi suatu kegiatan rutin satu kali dalam setiap periode kepengurusan atau bisa diakatakan 2 tahun sekali. Acara tersebut berlangsung di Halaman Gedung Balai Desa Gambasan, SD 1 Gambasan, dan SD 2 Gambasan.

 

Pekan Seni Pelajar Islami (PSPI) merupakan suatu kegiatan lomba-lomba islami yang awalnya hanya  diikuti oleh santriwan santriwati TPQ se Kecamatan Selopampang. Namun, untuk tahun ini ditambah dengan lomba-lomba antar Ranting dan komisariat di Kecamatan Selopampang yang diselenggarakan oleh IPNU-IPPNU Pimpinan Anak Cabang Selopampang. Dengan kepanitiaan yang sangat semangat dan antusias mempersiapkan kegiatan tersebut.

 

Runtutan kegiatan tersebut dimulai dengan perlombaan antar Ranting dan komisariat yang dilaksanakan pada tanggal 24-25 Juni 2023 yang diikut oleh 12 ranting dan 1 komisariat. Kemudian puncaknya di tanggal 1 Juli 2023 yang tersusun atas perlombaan santriwan-santriwati antar TPQ se kecamatan Selopampang dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2023 dilanjutkan dengan sholawat bersama. 

 

Rangkaian kegiatan puncak acara tersebut dimulai dari pembukaan, dibuka pada pukul 08.00 dengan pemukulan gong dan do’a. Yang dihadiri oleh Pengurus NU Kecamatan Selopampang, pengurus Banom NU Kecamatan Selopampang, Bapak Kepala Desa Gambasan, dan Bapak Camat Kecamatan Selopampang. Dilanjutkan lomba-lomba antar TPQ yang terdiri dari 11 perlombaan islami dan diikuti 34 TPQ. Dilangsungkan pengumuman kejuaraan untuk pemenang lomba antar Ranting, komisariat, dan TPQ se-Kecamatan Selopampang.

 

Pada sambutannya Bapak Camat mengapresiasi adanya kegiatan tersebut. Beliau menyampaikan bahwa "kegiatan ini harus terus dilakukan untuk meningkatkan prestasi santri-santri di kecamatan Selopampang. Untuk mengenalkan NU di kalangan pelajar karena bagaimanapun mereka adalah penerus kepengurusan yang sekarang".

 

Pada malam harinya ditutup dengan Sholawat & Munajat bersama Habib Toha Bin Syech Baraqbah diiringi Hadroh Ahbabul Mustofa Magelang. Di meriahkan oleh kader IPNU-IPPNU, tamu undangan, warga sekitar kecamatan Selopampang, dan pencita sholawat dari berbagai daerah yang ikut memeriahkan sholawat dengan diamankan Banser Kecamatan Selopampang.

 

Kegiatan tersebut tidak terlepas dari dukungan seluruh Banom NU Kecamatan Selopampang, pemerintah desa Se Kecamatan Selopampang, Dewan Juri dan seluruh masyarakat di daerah setempat . Dan juga Semangat kebersamaan dari panitia yang begitu besar. Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala desa se Kecamatan Selopampang dan bapak camat Kecamatan Selopampang .

 

Rekan Yoga Tri Pratama selaku ketua IPNU  PAC Selopampang menyampaikan bahwa "kegiatan PSPI ini adalah kegiatan rutin yang memang dirancang sebagai ajang menggali potensi maupun bakat kader IPNU IPPNU dan untuk mengasah kemampuan santriwan santriwat TPQ sekaligus mengenalkan NU di kalangan pelajar". Dan Rekan Febi Tias  Indriyani selaku ketua IPPNU PAC Selopampang berpendapat bahwa "kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan positif yang harus terus dilaksanakan disetiap periodenya. Dapat dijadikan pengalaman dan penanaman kebersamaan serta tanggungjawab khususnya pengurus dan panitia kegiatan". (Red-HTM/ Febi Tias Indriyani).

Bagikan :

Tambahkan Komentar