Yogyakarta, Hariantemanggung.com – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) menggelar seminar nasional yang diselenggarakan pada hari Sabtu 20 Mei 2023 secara daring. Kegiatan itu mengusung tema “Tantangan dan Inovasi dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar Berbasis Ajaran Ki Hadjar Dewantara”. Kegiatan ini merupakan forum ilmiah sebagai ajang bertukar pikiran, pengetahuan, pengalaman, inovasi penelitian dan gagasan yang berkaitan dengan inovasi pembelajaran di Era Merdeka belajar.

Adapun pemakalah yang menyajikan beragam topik isu pendidikan terkini antara lain: (1) Teknologi Pembelajaran di Sekolah Dasar, (2) Manajemen Pembelajaran Berbasis Digital di Sekolah Dasar, (3) Pembelajaran Hybrid dan Blended di Sekolah Dasar, (4 ) Media Pembelajaran di SD, (5) Kurikulum Pembelajaran Mandiri di SD, (6) Pendidikan Karakter Era Digital di SD, (7) Pendidikan Tamansiswa di sekolah dasar , (8) Pendidikan Inklusif Era Digital di SD, (9) Pembelajaran Pasca Pandemi Covid 9 di Sekolah Dasar, dan (10) Kompetensi Komunikatif Antarbudaya. 

Narasumber seminar nasional 2023 dari Universitas Negeri Jakarta oleh Prof. Dr. Ir. Arita Marini, M.E. yang menyajikan topik “Implementasi dan Tantangan Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar”, selanjutnya dilanjutkan oleh Dr. Biya Ebi Praheto, M.Pd. dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa yang menyajikan topik “Ajaran KHD dan Inovasi Pembelajaran pada Era Merdeka Belajar di Sekolah Dasar”.

Seminar nasional yang telah terselenggara tersebut bertujuan untuk menyatukan beragam penelitian dan studi kasus dunia pendidikan di Indonesia, dalam sesi paralel sambil menawarkan banyak peluang jejaring dan penerbitan. Selain itu, Seminar ini menyambut Akademisi, peneliti, cendekiawan, aktivis, dan profesional dari di seluruh indonesia. (htm/ibd)

Bagikan :

Tambahkan Komentar