Temanggung, Hariantemanggung.com - Dalam memeriahkan Harlah PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) ke-63, Teater Petromas 11 Pm mempersembahkan 2 naskah yang ditampilkan pada kegiatan resepsi Harlah PMII ke-63 yang dibarengkan dengan Pelantikan Raya Pengurus Komisariat Trisula INISNU Temanggung, Pengurus Rayon Makukuhan, Pengurus Rayon Kh. Subuki, dan diadakan oleh Pengurus Cabang PMII Temanggung.

Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Senin, (17/04/2023) di Pendopo Pondok Pesantren Pendowo, Kranggan, Temanggung, dihadiri oleh seluruh kader PMII se-Cabang Temanggung, Alumni, dan tamu-tamu undangan.

Dalam pementasannya, teater petromas yang diwakili oleh angkatan 2020, 2021 dan angkatan 2022 membawakan judul naskah "salah songko" serta judul "kesepakatan".

Naskah "salah songko" merupakan naskah karya sedulur teater petromas angkatan 2020, dalam naskah tersebut menceritakan tentang seorang perempuan yang masih duduk di bangku SMP dan enggan dijodohkan dengan pilihan orang tuanya. Kemudian perempuan tersebut berpura-pura hamil dihadapan orang tuanya dan mengaku telah dihamili oleh orang yang ia sukai. Namun pada akhir cerita, perempuan tersebut mengakui bahwa kehamilannya adalah palsu. Alhasil, perempuan tersebut tidak jadi dijodohkan dengan pilihan orang tuanya.

Pada intinya, naskah "salah songko" mengimplementasikan program pemerinta, yaitu "jo kawin bocah" atau "stop kawin anak" Menolak adanya perkawinan usia dini.

Kemudian naskah "kesepakatan" karya M. Sifaul Muraficky, yang diaktori oleh sedulur angkatan 2021-2022 dan disutradarai oleh M. Hasyim Ardani, merupakan adaptasi dari film Peaky Blinders.

"Naskah kesepakatan ini merupakan adaptasi dari film Peaky Blinders, dan kemudian saya sesuaikan dengan kondisi di negara ini, yang mana ada berbagai peran, antara lain sebagai kaum Borjuis, Kaum Marhaen, Inspektur beserta ajudannya, serta ada gangster sebagai pemeran utamanya". Ucap pembuat naskah, Viki saat menguraikan alur cerita di akhir pementasan.

Seusai penampilan, penonton maupun peserta merasa terhibur akan persembahan teater petromas 11 pm yang merupakan kado untuk Harlah PMII ke-63. (htm/taf)

Bagikan :

Tambahkan Komentar