Yogyakarta, Hariantemanggung.com - Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa mengadakan sebuah kegiatan yaitu Seminar dan Temu Alumni. Kegiatan ini berkolaborasi dengan organisasi mahasiswa Ikatan Mahasiswa Program Studi PGSD. Tema kegiatan seminar dan temu alumni ini yaitu “Menyiapkan Pendidik yang Berbudaya dan Berkarakter Untuk Mengembangkan Pendidikan Dasar di Era Merdeka Belajar” pada Rabu, 7 Desember 2022.

Kegiatan seminar dan temu alumni menghadirkan dua Narasumber yaitu Prof. Dr Mukhamad Murdiono, M.Pd beliau merupakan Guru Besar dari kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dalam pemaparannya beliau menyampaikan Untuk menjadi guru yang berbudaya dan berkarakter itu harus mencintai peserta didiknya, kemudian memahami latar belakang social peserta didik, harus bisa menjadi motivator, bersedia untuk selalu belajar secara terus menerus, mengajar dan mendidik dengan hati, dan yang paling penting yaitu mencintai profesi sebagai guru dari hati. Untuk narasumber yang kedua yaitu Fajar Kurnia Aji, S.Pd beliau merupakan Alumni dari PGSD UST tahun 2013, beliau sekarang menjadi Guru SD N Surokarsan 2 Kota Yogyakarta. Selain menjadi Guru SD beliau juga menjadi Instruktur Nasional Program Guru Pembelajaran Kemendikbud RI. Dalam pemaparannya menyampaikan Paradigma Kihajar Dewantara mendidik anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman, peran Teknologi yang saat ini sangat mendorong siswa untuk dapat mengembangkan potensi yang ada dalam peserta didik itu sendiri. Kemudian sekolah merupakan menjadi pusat untuk membentuk karakter murid. Kedua Narasumber tersebut di moderator oleh Qodri Jamalulail yang merupakan Alumni PGSD UST tahun 2017.

Dalam kegiatan seminar dan temu alumni ini Ketua panitia Bherrio Dwi Saputra, M.Pd (Dosen PGSD UST sekaligus Alumni tahun 2016) menyampaikan  kegiatan tersebut di hadiri kurang lebih 300 peserta secara virtual daring melalui zoom. Adapun Peserta dari kalangan mahasiswa, alumni, dan pendidik. Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan menjadi sinergitas antara program studi PGSD UST dan alumni semakin dekat dan mempererat tali silaturahmi, dengan harapan kedepan akan bisa menjadi kegiatan rutin di setiap tahunnya. (htm/taf)

Bagikan :

Tambahkan Komentar