Temanggung, Hariantemanggung.com - Penerjunan mahasiswa Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dilaksanakan pada hari Senin, 5 Desember 2022. KKN Tematik Pencegahan dan Penanganan Stunting ini didesain untuk membantu menyelesaikan permasalahan dan kebutuhan di masyarakat terkait permasalahan stunting khususnya di Kabupaten Temanggung dan sekitarnya.

Program KKN Tematik diikuti oleh 120 mahasiswa INISNU Temanggung dari lintas program studi. Lokasi KKN Tematik ini tersebar di 2 (dua) Kecamatan di Kabupaten Temanggung yakni 2 (dua) Desa di Kecamatan Gemawang dan 4 (empat) Desa di Kecamatan Bansari. KKN tematik berlangsung mulai tanggal 5 Desember 2022 hingga 13 Januari 2023.

Kegiatan penerjunan mahasiswa KKN Tematik bertempat di Gedung Olahraga Desa Bansari yang dihadiri oleh Bapak Kepala Desa Bansari beserta jajarannya, mahasiswa peserta KKN, dan Dosen Pembimbing Lapangan INISNU Temanggung. “KKN Tematik Pencegahan dan Penanganan Stunting ini sudah sangat tepat dilaksanakan di Desa Bansari karena desa ini merupakan salah satu lokus stunting Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung. Menjadi daerah lokus stunting ini salah satu penyebabnya adalah padatnya penduduk Desa Bansari yaitu sekitar 5.000 jiwa yang tersebar di sembilan dusun. Kami harap kegiatan KKN Tematik dari INISNU Temanggung nantinya mampu bekerja sama dengan perangkat desa untuk menurunkan angka stunting di Desa Bansari”, terang Bapak Herlan selaku Kepala Desa Bansari dalam sambutannya.

KKN Tematik stunting ini dilakukan agar Perguruan Tinggi tidak hanya berlangsung dalam konteks menjalankan tanggung jawabnya sebagai institusi yang melakukan transfer knowledge dan share knowledge, melainkan harus mampu membantu menjawab permasalahan masyarakat. Melalui KKN Tematik Pencegahan dan Penanganan Stunting, mahasiswa diharapkan mampu mendorong masyarakat untuk dapat melakukan aksi transformatif dalam mengatasi permasalahan stunting yang diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor pendidikan, ekonomi, sosial-budaya, dan permasalahan rendahnya pemahaman keagamaan serta hukum.

“Mahasiswa KKN Tematik INISNU Temanggung yang diterjunkan hari ini diharapkan bisa mengetahui tentang kehidupan sosial budaya, ekonomi dan sebagainya di Desa Bansari. Kami memohon bimbingan dari perangkat desa dan masyarakat sekitar supaya mahasiswa mampu bersikap dan bermasyarakat yang nantinya dapat meninggalkan sesuatu yang baik meskipun KKN ini sudah selesai. Dan kepada mahasiswa KKN tetap selalu jaga 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun) dalam bergaul dan bermasyarakat di lokasi KKN,” pesan Ibu Luluk Ifadah, S.Pd., M.S.I. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok Bansari I.

Usai kegiatan penerjunan selesai, mahasiswa melanjutkan kegiatan observasi lingkungan. Kegiatan observasi dilaksanakan mulai tanggal 5-8 Desember 2022 dan mahasiswa akan mulai bermukim di lokasi KKN pada tanggal 15 Desember 2022 hingga 13 Januari 2023. Sejumlah 13 mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Bansari I akan difokuskan di 5 dusun yakni Dusun Sawit, Dusun Tambahsari, Dusun Tambahrejo, Dusun Srimulyo, dan Dusun Banaran. (htm/Rizal Arifqi)

Bagikan :

Tambahkan Komentar