Temanggung, Hariantemanggung.com - Senin, (05/12/2022) pukul 09.30 wib bertempat di Gedung Balai Desa Purborejo, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung telah dilaksanakan Penerjunan Mahasiswa KKN dari INISNU Temanggung. 

KKN yang berkonsep tematik dengan mengusung tema “Pencegahan dan Penanganan Stunting” ini diikuti oleh 26 mahasiswa yang terbagi menjadi kelompok Purborejo 1 dan Purborejo 2, 10 perangkat desa, dan juga 2 dosen pendamping lapangan, yaitu Bapak Muhammad Iqbal Chailani, M.Pd. dan Ibu Nur Faizah M.Pd.. Penerjunan yang bersifat observasi ini, turut dihadiri Bapak Kepala Desa Purborejo, Bapak Andika.

Dalam sambutannya, Bapak Andika menyampaikan ucapan selamat datang kepada para mahasiswa KKN dari INISNU Temanggung, beliau berharap, dengan adanya KKN dari INISNU Temanggung ini, angka stunting di Kecamatan Bansari khususnya di Desa Purborejo dapat berkurang. Selain itu, beliau juga bercerita tentang keadaan di Desa Purborejo, dimana di Desa Purborejo ini ditempati 1926 jiwa dengan jiwa pemilihnya sebanyak 1444 jiwa. 

Desa Purborejo sendiri terbagi menjadi 5 perdukuhan, yaitu Dukuh Windusari, Dukuh Prupug Kidul, Dukuh Prupug Lor, Dukuh Cepit, dan Dukuh Pesingan.

Dalam penerjunan KKN tersebut, Bapak Muhammad Iqbal M.Pd. yang kerap dipanggil Bapak Iqbal juga memberikan sambutan. Sambutan itu berisikan, dalam KKN ini para mahasiswa KKN sedang dalam proses mencari ilmu, sehingga diperlukan bimbingan dari masyarakat disana. Bapak Iqbal dalam sambutannya juga berpesan kepada mahasiswa dalam proses KKN di Desa Purborejo untuk “nguwongke uwong” artinya memanusiakan manusia yaitu menghargai satu sama lain, dan “empan papan” artinya dapat menempatkan diri dalam kondisi yang tepat. 

Ibu Nur Faizah dalam penerjunana tersebut juga memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan maksud dan tujuan mahasiswa INISNU Temanggung ke Desa Purborejo. Beliau memberikan penjelasan bahwa dalam KKN tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Dimana dalam tahun ini, KKN berkonsep tematik yaitu dengan menggunakan Metode PAR (Participatory Action Research). Dalam sambutannya pula, beliau berpesan kepada para mahasiswa KKN untuk menjaga attitude, almamater kampus, serta dapat bersikap ramah kepada siapapun selama kegiatan KKN di Desa Purborejo tersebut. 

Kegiatan penerjunan KKN dari INISNU Temanggung tersebut, berjalan dengan lancar dengan menghasilkan pembagian dukuh untuk kelompok Purborejo 1 yaitu di Dukuh Windusari dan Dukuh Prupug Kidul dan kelompok Purborejo 2 di Dukuh Cepit, Dukuh Pesingan, dan Dukuh Prupug Lor. Acara tersebut ditutup dengan forum tanya jawab dan foto bersama. (HTM/Mahasiswa KKN INISNU Temanggung)

Bagikan :

Tambahkan Komentar