Temanggung, Hariantemanggung.com - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Makukuhan INISNU Temanggung adakan "ELING AKHIRAT" pada Kamis, (18/08/2022).

Eling akhirat sendiri merupakan agenda rutin tiap tahun yang diadakan oleh Rayon Makukuhan dalam memperingati HUT RI. Disisi lain, kegiatan ini juga mengingatkan kepada seluruh kader PMII Rayon Makukuhan untuk tetap mengingat bahwa tempat pulang manusia yang paling abadi adalah di akhirat.

Ketua Rayon Makukuhan, Annas Khoiruzzaman mengatakan bahwa kegiatan ini juga mengingatkan kembali tentang jasa-jasa pahlawan maupun jasa-jasa sesepuh yang telah menyelamatkan bangsa ini, terkhusus kabupaten Temanggung dari kebodohan, kemiskinan, dan kesenjangan sosial lainnya.

"Refleksi ini mari kita jadikan sebagai rasa syukur kita atas jasa-jasa pahlawan maupun jasa-jasa sesepuh yang telah menyelamatkan bangsa ini, terkhusus kabupaten Temanggung dari kebodohan, kemiskinan, dan kesenjangan sosial lainnya". Ucap Annas saat sambutan.


Disisi lain, Ketua Komisariat Trisula INISNU Temanggung, Difla Ulfa Khasanah berpesan kepada kader PMII Temanggung khususnya kader PMII Rayon Makukuhan bahwa makna kemerdekaan itu ada di pundak dan pikiran kita masing-masing.

"Memaknai kemerdekaan haruslah dilandasi dengan pikiran yang jernih serta kritis, maka silahakn kalian artikan apasih makna kemerdekaan yang sesungguhnya. Sehingga ketika kalian telah mengartikan makna kemerdekaan yang sesungguhnya, maka dapat pula dikatakan bahwa kalian telah memerdekakan pola berfikir kalian". Ujar Difla saat sambutan sekaligus membuka kegiatan eling akhirat.

Acara eling akhirat ini diawali dengan ziarah kubur ke makam Mbah kh. Subukhi yang berada di Kecamatan Parakan, kemudian dilanjut dengan berziarah ke makam Ki Ageng Makukuhan yang berada di Kecamatan Kedu. Setelah berziarah makam Ki Ageng Makukuhan, acara tersebut dilanjut dengan refleksi kemerdekaan yang bertempatkan di Halaman Makam Ki Ageng Makukuhan. 

Kemudian acara tersebut diakhiri dengan ziarah ke makam Mbah Kh. Abdul Hadi Sofwan yang mana merupakan pendiri INISNU Temanggung yang makamnya berada di Kecamatan Temanggung. (htm/taf)

Bagikan :

Tambahkan Komentar