Temanggung, Hariantemanggung.com - Selama dua  tahun masa pandemi, kegiatan praktek kerja lapangan atau PKL di MAN Temanggung sempat fakum. Sejak kasu covid-19 menurun,  program PKL di MAN Temanggung ini diadakan lagi. Antusiasme para peserta didik yang mengikuti PKL ini tampak saat acara  pelepasan PKL pada hari Sabtu tanggal  11 Juni 2022. Acara pelepasan PKL ini bertempat di  aula Asrama Putra MAN Temanggung. 
Bapak Suhadi selaku Waka Kurikulum mengungkapkan terdapat empat program Keterampilan yang mengikuti PKL ini yaitu keterampilan Tata Busana sejumlah 26 siswa, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP} sebanyak 26 siswa, Tata Rias Kecantikan  sebanyak 32 siswa, dan keterampilan Teknik & Bisnis Sepeda Motor (TBSM) sebanyak 30 siswa.  Beliau juga melaporkan bahwa lokasi PKL menyebar di daerah Temanggung dan sekitarnya. Adapun jumlah lokasi PKL adalah untuk  Tata Busana 12 tempat, Tata Rias 16 tempat, APHP 9 tempat, dan TBSM 14 tempat. 
Pada kesempatan itu, bapak Ali Masyhar selaku kepala Madrasah Aliyah Negeri Temanggung memberikan pembekalan, pengarahan serta doa.  Diantaranya, para siswa yang ikut PKL wajib menjaga nama baik madrasah. Tetap berlaku sopan santun dan disiplin. Mematuhi peraturan yang ada di tempat dunia usaha dan industri. Sembari para siswa harus tetap rajin beribadah dan berdoa agar cita-citanya selalu berhasil. Selanjutbya secra simbolis, pelepasan PKL pada kesempatan tersebut bapak kepala madrasah memakaikan jas almamater kepada 4 siswa sebagai wakil dari para siswa yang lain. Kegiatan tersebut kemudian diikuti oleh seluruh peserta PKL untuk ikut mengenakan jas almamater.
Bapak Sri Suryana Dwi atmaka selaku guru pembimbing PKL keterampilan TBSM, juga menghimbau dan memberikan semangat kepada para peserta PKL. “Para siswa harus jujur,  Berterus terang jika mengalami kesulitan harus berkonsultasi kepada pemgelolaa di sana”. Beliau juga mengungkapkan, bahwa mengikuti PKL merupakan ajang mengembangkan diri baik dari kewiira-usahaan maupun keahlian nyata di lapangan ungkapnya
Dalam kesempatan yang ibu Chusniyah Noor, memberikan petunjuk dan penjelasan tentang  tata tertib dan petunjuk pengisian format kegiatan harian PKL. Berkas tersebut yang nantinya harus diisi dan  akan digunakan sebagai bahan  penyusunan laporan PKL. Oleh karena itu para siswa harus tajin menhgisi kegiatan tersebut serta diketahui oleh pengelola industry tempat mereka PKL.  
Ibu Indaryati selaku penanggung jawab bidang Tata Busana menekankan tentang kedisiplinan saat dilapangan, pahami aturan yang ada di tempat praktek termasuk pemaikain alat komunikasi  agar tidak mengganggu dalam bekerja.
Setelah acara pelepasan PKL tersebut selesai, maka para siswa berpoto bersama dengan guru pembimbing PKL-nya. Momen ini tampak ceria dan  kompak. Semoga PKL program ketrampilan yang dilakukan mulai Hari Senin tanggal 13 Juni 2022 hingga  satu bulan lebih tersebut, dapat berjalan lancar dan sukses. Selamat  melaksanakan PKL, sukses selalu. 

( Kontributor : Dwi/Martin)
Bagikan :

Tambahkan Komentar