Temanggung, Hariantemanggung.com - MI Al Ma’arif Kupen Pringsurat, Kabupaten Temanggung, pada Sabtu (11/06/2022) mengadakan kegiatan membaca bersama untuk siswa dengan mengundang Rekan Anak berkunjung ke Madrasah mereka. Lebih dari 100 siswa sangat antusias menunggu kedatangan buku-buku cerita yang dibawa oleh Ibu Effi Wahyuningsih, M.Pd. beserta keluarga yang merupakan pendiri komunitas Rekan Anak (Relawan Pendidikan Anak).

Kegiatan membaca bersama ini merupakan salah satu program yang digagas oleh Rekan Anak dengan cara mengunjungi sekolah-sekolah atau madrasah-madrasah dengan membawa koleksi buku cerita dan mengajak anak-anak untuk membaca buku-buku tersebut bersama-sama. “Kegiatan yang sudah dilakukan di sekolah-sekolah yang berbeda ini selalu menyenangkan karena membaca dilakukan bersama-sama. Anak-anakpun selalu semangat”, ucap Effi yang merupakan dosen Bahasa Inggris INISNU Temanggung ini. Sekolah dan madrasah yang dikunjungi oleh Rekan Anak sangat mendukung dan memberikan respon yang positif atas inisiasi yang dilakukan oleh Rekan Anak ini.


Pada kunjungan Rekan Anak di MI Al Ma’arif Kupen Pringsurat, semua sesi dilakukan anak-anak dengan penuh semangat. Suasana santai dimanfaatkan anak-anak untuk membaca buku dengan serius pada sesi “silent reading”. Ibu Effi selaku penggerak Rekan Anak selalu menyempatkan untuk membacakan buku cerita kepada anak-anak di setiap kunjungannya. Kali ini beliau membacakan buku cerita berjudul “Si Kembar Treetop: Petualangan di Hutan Belantara (Si Kembar Berjalan Bersama Mamut Berbulu)”, dan siswa-siswa di MI Al Ma’arif Kupen Pringsurat mendengarkan dengan seksama. Alhasil, merekapun dapat menjawab semua pertanyaan terkait isi buku cerita dengan tepat pada sesi kuis. Kegiatan membaca buku dari teman untuk teman, dilakukan oleh dua siswa bernama Luna, siswi kelas IV dan Nisa, siswi kelas III. Tidak lupa Rekan Anak memberikan hadiah kecil sebagai bentuk apresiasi kepada anak-anak yang sudah berhasil menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan tepat.

Selain kegiatan membaca ini, Rekan Anak juga mempunyai program bertajuk “Let’s Play English”, yaitu belajar Bahasa Inggris yang dilakukan dengan cara bermain yang langsung diajarkan sendiri oleh Ibu Effi. “Sering mereka tidak sadar bahwa mereka sebetulnya sedang belajar Bahasa Inggris”, tambah Ibu Effi. (htm/hilal)

Bagikan :

Tambahkan Komentar