Oleh :  Nurlatifah
Mahasiswa Prodi PGMI STAINU Temanggung

Baru - baru ini tengah gencar sebuah virus yang meresahkan masyarakat dunia khususnya di Indonesia.  Virus Corona atau bisa disebut Virus Covid-19. Virus tersebut telah merenggut ribuan nyawa di belahan dunia ini. Namun, dibalik merebaknya virus itu terdapat sisi positif dan negatif.

Salah satu sisi positifnya yaitu menutupnya beberapa lubang di atmosfer bumi yang berakibat memperlambat pemanasan bumi. Akan tetapi, sangat mempengaruhi ekonomi dunia yang mengakibatkan berhentinya aktivitas perekonomian dunia. Contohnya di indonesia, khususnya di ibu kota Jakarta banyak pusat perbelanjaan di tutup dan banyak kariyawan yang di PHK. Namun Virus Covid-19 dapat dicegah dengan beberapa tindakan pencegahan. Yang pertama, menjaga kebersihan lingkungan dmaupun diri sendiri. Kedua, rajin mencuci tangan setelah aktivitas. Ketiga, selalu memakai masker saat berpergian dan menutup mulut saat bersin maupun batuk. Yang terakhir, menjaga kesehatan dan mengikuti himbauan pemerintah.

Sebagai Mahasiswa kita wajib memahami cara mencegah virus Covid-19 dan berperan aktif dalam pencegahan virus tersebut. Sebagai pemuda dan pemudi, tergabung dalam organisasi desa yang wajib mengikuti himbauan dari pemerintah. Salah satu perannya yaitu memberikan sosialisasi virus Covid-19 seberapa bahayanya virus itu dan cara pencegahannya, terhadap seluruh warga. Melakukan beberapa contoh nyata seperti terlibat langsung dalam penyemprotan desinfektan di seluruh lingkungan tempat tinggal. Mengajari ibu ibu untuk membuat handsanitizer alami dan murah.

Mengajak seluruh warga untuk menggunakan masker ketika berpergian dan membatasi perkumpulan untuk mencegah virus ini. Mengajak anak muda untuk melakukan hal produktif selama bekerja atau belajar dirumah. Memberikan semangat kepada anak muda untuk melewati hari-hari penuh rindu.

Bagikan :

Tambahkan Komentar