Judul Buku : Pendidikan Pancasila Untuk Perguruan Tinggi
Penulis : M. Taufik, S.H., Diyan Isnaeni, S.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si, Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penyunting : Hayat dan H. Suratman
Penerbit : Baskara Media, Aditya Media Group
Cetakan Pertama, Juli 2018
Editor   : Diaz Puspita Arini
Tebal Buku      : xii + 382 halaman
ISBN   : 978-602-50306-7-3
  
Buku yang berjudul “Pendidikan Pancasila” ini, didalamnya membahas tentang Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia khususnya peran-peran dari tokoh ulama, kedudukan dan fungsi Pancasila, Pancasila sebagai ideologi Negara, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai etika politik, nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, hubungan agama dan Pancasila.

Pancasila sebagai ideologi negara merupakan kristalisasi nilai-nilai budaya dan agama dari bangsa Indonesia. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia mengakomodir seluruh aktivitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, demikian pula halnya dalam aktivitas ilmiah. Oleh karena itu, perumusan pancasila sebagai paradigma ilmu bagi aktivitas ilmiah di Indonesia merupakan sesuatu yang terlepas dari nilai ideologi bangsa, justru dapat mengakibatkan sekularisme, seperti yang terjadi pada zaman Renaiisance di Eropa.

Kelebihan Buku :
Harga bukunya terjangkau dan kualitas bukunya sangat baik. Selain itu, buku ini juga cukup teliti dalam menyampaikan materi sehingga cocok untuk dibaca oleh semua kalangan.

Kekurangan Buku :
Di dalam buku ini terdapat kata yang tidak baku. Selain itu, juga ada beberapa kata yang kurang familiar seperti “staatsfundamental-norm” yang seharusnya diberikan penjelasan lebih rinci agar materi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami.

Kepengarangan :
Segala informasi dan penjelasan yang ada dalam buku ini membuat para pembaca dapat lebih mengetahui tentang ideologi pancasila serta pancasila sebagai etika politik, nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Buku ini cukup teliti perihal menjabarkan nilai-nilai dalam pancasila, sehingga pembaca tertarik untuk terus-menerus mempelajari sejarah pancasila yang ada di dalamnya.

Bagikan :

Tambahkan Komentar