Oleh: Beny Adi Prasetya
Permainan adalah salah satu cara
untuk menenangkan diri manusia dan hakikatnya manusia tidak bisalepas dari itu.
Era globalisasi sekarang ini saya sering melihat terutama kalangan muda dengan
kebiasaan Gawai miring, awalnya saya tidak mengerti apa yang di sebut Gawai
miring karena saya adalah seorang dari pedesaan.
Setelah beberapa waktu saya mengerti
fenomena Gawai miring adalah sebutan bagi orang-orang yang sedang bermain game,
setelah itu saya berfikir dengan perkembangan zaman dan teknologi seperti sekarang
ini lantas bagaimana permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak
yang dilahirkan 2000 keatas? Kalau anak muda jaman sekarang sudah terbiasa
dengan Gawai miring.
Lahirnya Media Sosial
Gawai yang seharusnya yang membantu
kegiatan manusia sehari-hari kini berubah menjadi alat yang menyebabkan manusia
melupakan segala hal. Manusia kini dihadapkan pada perkembangan zaman yang
semakin modern dan berkembang secara pesat, contoh nyata adalah perkembangan
dunia maya atau internet. Berhubungan kemajuan-kemajuan tersebut dapat
memberikan yang sangat berpengaruh bagi kehidupan. Pengaruh-pengaruh tersebut
sebagian ada yang memberikan nilai positif dan negatif tergantung bagaimana
orang yang memanfaatkan.
Bukti perkembangan internet adalah
dengan hadirnya game online yang merupakan permainan yang dimainkan secara
online. Game online tidak akan memberikan pengaruh dengan kehidupan jika
kehadirannya tidak digunakan oleh sebagian orang. Kini banyak orang yang
melakukan aktifitas sehari-hari dengan bermain game online baik dirumah maupun
diwarnet.
Alih-alih zaman sekarang game online
menjadi kebiasaan pemuda untuk mengisi keluangan waktu, atau karena tidak ada
pekerjaan lain yang menurutnya produktif ia selalu memainkan game online.
Bukannya game online menjadi efek yang negatif karena termasuk dari salah satu
perkembangan zaman. Akan tetapi kita harus melihat tradisi anak-anak zaman
dulu. Kebahagiaan rasa solidaritas, jiwa sosial timbul dengan adanya permainan
tradisional yang melibatkan banyak pihak sementara sekarang banyak anak-anak
yang menyendiri karena faktor game online.
Situasi kehidupan saat ini memiliki
pengaruh yang sangat kuat terhadap dinamika kehidupan manusia khususnya remaja
perubahan pada remaja mencakup perubahan fisik dan perubahan nasional yang
kemudian tercermin dalam sikap dan tingkah laku. Salah satu efek maraknya game
online adalah terciptanya komunitas-komunitas game yang memfasilitasi para game
untuk menuangkan pengalaman mereka seputar bermain game tersebut sehingga game
online dapat berubah menjadi suatu jaringan sosial untuk para gamers yang dapat
untuk mengalahkan beberapa situs populer lainnya. Para remaja menghabiskan
waktu berjam-jam dengan bermodalkan smartphone dan jaringan yang baik.
Aktivitas Pegiat Gawai
Bangsa yang maju adalah bangsa
dengan jumlah penduduk yang tingkat membacanya tinggi, sementara itu dengan
adanya game online menyebabkan jumlah pembaca menjadi semakin menurun. Lalu
bagaimana cara mengatasi hal tersebut?
Seharusnya dalam pendidikan keluarga
sebagai pendidikan awal anak harus diberi pengertian tentang hal tersebut, jika
orang tuya tidak bisa mengontrol secara penuh maka alangkah baiknya ada
pembatasan penggunaan gawai bagi anak-anak agar hal penyimpangan penggunaan
gawai tidak terlalu parah. Untuk kalangn anak-anak muda untuk orang tua tidak
bisa mengontrol dengan baik karena sudah mempunyai sikap kemandirian.
Yang perlu anak muda ketahuin adala
cara menanggulangi hal tersebut, seperti melalui pelatihan media, pelatihan
jurnalistik dan semua itu efek negatif atau positif penggunaan gawai ada pada
diri masing-masing seseorang. Lalu siapa yang bertanggung jawab atas
perkembangan media sosial? Mari kita jawab pada diri kita masing-masing.
Tambahkan Komentar