Oleh: Beny Adi Prasetya

Permainan adalah salah satu cara untuk menenangkan diri manusia dan hakikatnya manusia tidak bisalepas dari itu. Era globalisasi sekarang ini saya sering melihat terutama kalangan muda dengan kebiasaan Gawai miring, awalnya saya tidak mengerti apa yang di sebut Gawai miring karena saya adalah seorang dari pedesaan.

Setelah beberapa waktu saya mengerti fenomena Gawai miring adalah sebutan bagi orang-orang yang sedang bermain game, setelah itu saya berfikir dengan perkembangan zaman dan teknologi seperti sekarang ini lantas bagaimana permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak yang dilahirkan 2000 keatas? Kalau anak muda jaman sekarang sudah terbiasa dengan Gawai miring.

Lahirnya Media Sosial
Gawai yang seharusnya yang membantu kegiatan manusia sehari-hari kini berubah menjadi alat yang menyebabkan manusia melupakan segala hal. Manusia kini dihadapkan pada perkembangan zaman yang semakin modern dan berkembang secara pesat, contoh nyata adalah perkembangan dunia maya atau internet. Berhubungan kemajuan-kemajuan tersebut dapat memberikan yang sangat berpengaruh bagi kehidupan. Pengaruh-pengaruh tersebut sebagian ada yang memberikan nilai positif dan negatif tergantung bagaimana orang yang memanfaatkan.

Bukti perkembangan internet adalah dengan hadirnya game online yang merupakan permainan yang dimainkan secara online. Game online tidak akan memberikan pengaruh dengan kehidupan jika kehadirannya tidak digunakan oleh sebagian orang. Kini banyak orang yang melakukan aktifitas sehari-hari dengan bermain game online baik dirumah maupun diwarnet. 

Alih-alih zaman sekarang game online menjadi kebiasaan pemuda untuk mengisi keluangan waktu, atau karena tidak ada pekerjaan lain yang menurutnya produktif ia selalu memainkan game online. Bukannya game online menjadi efek yang negatif karena termasuk dari salah satu perkembangan zaman. Akan tetapi kita harus melihat tradisi anak-anak zaman dulu. Kebahagiaan rasa solidaritas, jiwa sosial timbul dengan adanya permainan tradisional yang melibatkan banyak pihak sementara sekarang banyak anak-anak yang menyendiri karena faktor game online.

Situasi kehidupan saat ini memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap dinamika kehidupan manusia khususnya remaja perubahan pada remaja mencakup perubahan fisik dan perubahan nasional yang kemudian tercermin dalam sikap dan tingkah laku. Salah satu efek maraknya game online adalah terciptanya komunitas-komunitas game yang memfasilitasi para game untuk menuangkan pengalaman mereka seputar bermain game tersebut sehingga game online dapat berubah menjadi suatu jaringan sosial untuk para gamers yang dapat untuk mengalahkan beberapa situs populer lainnya. Para remaja menghabiskan waktu berjam-jam dengan bermodalkan smartphone dan jaringan yang baik.

Aktivitas Pegiat Gawai
Bangsa yang maju adalah bangsa dengan jumlah penduduk yang tingkat membacanya tinggi, sementara itu dengan adanya game online menyebabkan jumlah pembaca menjadi semakin menurun. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Seharusnya dalam pendidikan keluarga sebagai pendidikan awal anak harus diberi pengertian tentang hal tersebut, jika orang tuya tidak bisa mengontrol secara penuh maka alangkah baiknya ada pembatasan penggunaan gawai bagi anak-anak agar hal penyimpangan penggunaan gawai tidak terlalu parah. Untuk kalangn anak-anak muda untuk orang tua tidak bisa mengontrol dengan baik karena sudah mempunyai sikap kemandirian.

Yang perlu anak muda ketahuin adala cara menanggulangi hal tersebut, seperti melalui pelatihan media, pelatihan jurnalistik dan semua itu efek negatif atau positif penggunaan gawai ada pada diri masing-masing seseorang. Lalu siapa yang bertanggung jawab atas perkembangan media sosial? Mari kita jawab pada diri kita masing-masing.

Bagikan :

Tambahkan Komentar