TEMANGGUNG, Hariantemanggung.com – Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung mewakili Kabupaten Temanggung untuk tingkat SMPP/MTs Negeri/Swasta dalam Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) XVIII. Perkemahan ini diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. PIRN XVIII Tahun 2019 ini akan berlangsung selama 23-30 Juni 2019 di Banyuwangi Jawa Timur.

Empat Peserta yang diundang dalam perkemahan nasional ini adalah Nadiffa Althaf Vayzza, Fatiha Jihad Najma Azzahra, dan Sinta Sufia Purnama Aulia, serta Guru Pembimbing Amalina Zakiyatul Fikri, S.Pd.Si.

Ajang Ilmiah tingkat Nasional ini diikuti oleh 1.000 siswa/guru (600 pelajar Nasional dan 400 pelajar Banyuwangi) mulai jennag SD/SMP/SMA dan pertama kali di Indonesia dengan mengikutsertakan siswa SD.

PIRN berupa kegiatan ilmiah di lapangan terbuka yang berorientasi pada penelitian yang mencakup bidang ilmu pengetahuan sosial dan kemanusiaan serta ilmu pengetahuan alam dan teknik. Dalam kegiatan ini, para remaja langsung dibimbing dalam pelaksanaan penelitian dan diarahkan untuk menanamkan sikap dan perilaku scientific minded, scientific curiosity, scientific approach, dan leadership.

Kegiatan PIRN berupa pembinaan ilmiah kepada siswa yang diselenggarakan secara nasional untuk memberikan pemahaman mendasar mengenai metodologi penelitian ilmiah serta etika penelitian. Dalam pelaksanaannya akan diadakan pelatihan penelitian di lapangan dan pembimbingan untuk menulis karya tulis ilmiah.

“Awalilah karir kalian menjadi peneliti muda lewat event nasional, nanti disana akan bertemu dengan para professor, ahli, ilmuan dan pakar-pakar lainnya dalam ajang akbar tersebut, manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin,” ungkap Ustadz Samsul M.Pd. dalam sambutan pelepasan keberangkatan peserta PIRN (22/06). Hadir Mudirul Ma’had Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung Ustadz Syamsuri Adnan memberikan restu keberangkatan peserta. (htm55/Riza Fitroh K./staff Humas Tsamuha).
Bagikan :

Tambahkan Komentar