Perunjukan sebelum tari leak dimulai
Krajan, Hariantemanggung - Ribuan warga membanjiri  Haflah Attasyakur Lil Ikhtitam Ponpes Sunan Plumbun RT 4 Desa Krajan, Kecamatan Tembarak, Temanggung, Senin malam (7/5/2018). Mereka, hanya ingin menonton seni leak, kuda lumping sebagai salah satu khazanah budaya khas Temanggung ini.

Baca: Haflah Ponpes Sunan Plumbon Temanggung Dibanjiri Warga 

Pantauan di lapangan, mereka menonton seni leak khas Kabupaten Temanggung yang menampilkan sejumlah atraksi dari grup seni Turonggo Tunggal.

Ponpes Sunan Plumbon Temanggung merupakan salah satu lembaga berbentuk pendidikan yang menerapkan sistem pembelajaran bandongan, sorogan , halaqah dan lainya.

Dalam rangkaian haflah itu, salah satu kesenian yang ditarik dan digaungkan lewat pertunjukan seni itu adalah leak dan kuda lumping khas Temanggung.

Warga berduyun-duyun menonton kesenian itu dari berbagai daerah. Ada yang dari Tembarak sendiri, Temanggung, Gemawang, bahkan dari Kendal, Magelang, Semarang dan Lembata.

Keunikan ini membuat penonton rela berdesak-desakan karena tidak tiap hari warga bisa menikmati suguhan menarik dari para seniman leak dan kuda lumping itu. (htm44/hi).

Bagikan :

Tambahkan Komentar