Oleh : Ari Masrokhah
Mahasiswi Prodi PIAUD STAINU Temanggung

Judul Buku             :  Pendidikan Karakter berbasis Budaya Pesantren
Penulis                    : Husna Nashihin, M.Pd.I
Penerbit                  : Formaci
Kota Terbit             : Semarang
Tahun Terbit           : 2017
ISBN                       : 978-602-50566-0-4
Jumlah Halaman     : ix+212 Halaman

Gagasan Utama       :
Pendidikan Karakter menuju Kemajuan Akademik

Gagasan Tambahan :
Kemajuan suatu akademik salah satunya ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia yang ada didalamnya, dan kualitas sumber daya manusia akan baik dengan kebiasaannya terhadap dunia literasi. Karakter sumber daya manusia juga tidak kalah penting sebagai faktor kemajuan suatu akademik, selain literasi.

Pendidikan karakter, menjadi hal yang cukup signifikan untuk meningkatkan karakter sumber daya manusia di dalamnya. Berdasarkan buku ini, pendidikan karakter yang cukup signifikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya alam adalah, pendidikan karakter yang berbasis budaya pesantren. Budaya pesantren yang mengajarkan dan membimbing kita menjadi insan untuk hidup mandiri, menurut saya adalah pendidikan karakter yang cukup tepat, karena di dalam pesantren benar-benar mengajarkan sikap yang baik atau memiliki akhlakul karimah. Suatu kelompok atau organisasi akan maju dan berkembang salah satunya berdasarkan faktor pemimpinnya, sedangkan suatu pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mempunyai akhlakul karimah atau karakter yang baik, sehingga pendidikan karakter disini benar-benar menentukan kemajuan suatu bangsa, tidak hanya kemajuan suatu akademik.

Disiplin, kerja keras, dan berfikir cerdas juga salah satu hal yang dapat kita hasilkan di dalam pesantren, selain memiliki akhlakul karimah. Sebagi seorang mahasiswa tentunya kita juga mempunyai keinginan untuk meningkatkan kualitas suatu akademik, dengan kualitas kita sendiri (mahasiswa). Maka dari itu tidak ada salahnya kita mempelajari pendidikan karakter berbasis budaya pesantren ini untuk meningkatkan kualitas karakter kita sebagai mahasiswa,yang juga sebagai salah satu faktor kemajuan suatu akademik. Karena memang pendidikan yang dihasilkan dari dunia pesantren akan jauh berbeda dengan pendidikan yang hanya di bidang formal saja.

Pondok pesantren, sebagai salah satu wadah pendidikan bagi umat manusia, khususnya umat islam. Yang mana pendidikan yang ada di dalamnya adalah mencakup pendidikan karakter yang cukup baik untuk kemajuan suatu akademik dari faktor sumber daya manusianya.

Pembaruan Ide dalam Tulisan :
 “ Berdasarkan beberapa definisi mengenai pendidikan dan karakter di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa secara esensial, pendidikan karakter berarti merupakan suatu upaya yang dilakukan melalui sebuah proses pendidikan untuk menjadikan manusia memiliki nilai moral dan etika sehingga manusia tersebut bisa hidup sesuai dengan standar moral dan etika yang berlaku di masyarakat. Selanjutnya, pendidikan karakter dalam pendidikan agama Islam dimaknai tidak hanya cukup menggunakan standar moral dan etika yang berlaku di dlam masyarakat, akan tetapi juga harus sesuai dengan standar peraturan atau syariat yang berlaku di dalam agama Islam”. Hal 21

Berdasarkan pernyatan di atas, saya setuju karena kita sebagai umat Islam untuk memiliki karakter yang baik tidak hanya dinilai dari nilai moral dan etika di dalam suatu masyarakat. Akan tetapi, kita juga perlu adanya nilai syariat Islam di dalamnya. Sehingga, memang benar bahwasanya pendidikan karakter yang baik menurut pandangan pendidikan Islam adalah pendidikan yang didalamnya melakukan sebuah proses untuk menjadikan manusia memiliki nilai moral atau etika dan nilai syariat yang baik dan benar.
Pujian Tulisan :

Menurut saya, buku tentang pendidikan karakter yang berbasis pesantren ini adalah buku yang tepat dan baik bagi kita sebagi warga Indonesia pada umumnya untuk memajukan bangsa dengan mempunyai karakter yang baik, dan juga baik bagi kita sebagi mahasiswa pada khususnya, untuk memajukan akademik. Selain itu, kita juga sebagai penerus bangsa ini, harus memiliki karakter yang baik. Sehingga kita perlu lebih mendalami lagi mengenai pendidikan karakter, karena karakter seseorang memang sangat mempengaruhi suatu kelompok, apalagi karakter seorang pemimpin.

Jadi dengan terbitnya buku ini, saya sangat mengapresiasi, apalagi saya yang pada saat ini masih dalam proses belajar dan berusaha mencari jalan yang baik dan benar. Dan juga saya berharap supaya nilai-nilai yang ada dalam pesantren, seperti yang dituliskan dalam buku ini, dapat kita implementasikan untuk membentuk karakter yang baik. Walaupun pada dasarnya nilai-nilai di dalam pesantren diatas, tercipta karena kebiasaan seorang santri. Jadi walaupun bukan seorang santri yang bermukim di pondok, semoga kita dapat membiasakan diri untuk disiplin dan bersifat baik menuju karakter yang baik pula, dengan suatu proses yang dinamakan kebiasaan. (htm).
Bagikan :

Tambahkan Komentar