Dede Sudiro dan Ganjar Karang Taruna
Hariantemanggung.com - Kemiskinan masih tinggi di Jawa Tengah terutama dirasakan petani. Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah Dede Indra Permana sudiro akan meluncurkan program pendampingan terhadap petani yang melibatkan karang taruna.

“Penyumbang angka kemiskinan paling tinggi di Jawa Tengah adalah masyarakat petani. Angkanya sebesar 55,95 persen. Sementara banyak pemuda yang menganggur sebanyak 1,7 juta orang. Melalui wadah karang taruna, yang nganggur akan membantu yang miskin dengan program pendampingan”, ujar Dede di Semarang (7/11/2017).

Dede yang juga Ketua Karang Taruna Jawa Tengah menjelaskan kedua kelompok yakni petani dan pemuda yang menganggur, adalah kelompok yang harus dibantu oleh pemerintah.

“Dengan dorongan pemerintah daerah dan menggerakan mesin organisasi karang taruna, tak ada yang mustahil. Yang nganggur bisa menolong yang miskin. Juga begitu sebaliknya. Mereka bisa saling tolong-menolong. Sinergi dan kolaborasi itu penting”, jelas Dede.

Dede menambahkan model saling tolong-menolong sesama yang lemah sedang disiapkan. Perumusan model ini melibatkan para pakar dan pegiat pemberdayaan masyarakat.

“Saya sudah sering diskusi dengan mereka (sosiolog pedesaan dan pegiat pemberdayaan masyarakat) merumuskan model itu. Saya yakin model saling tolong-menolong sesama yang lemah merupakan hal baru dalam dunia pendampingan. Saya yakin model itu efektif dalam mengentaskan kemiskinan”, pungkas dede. (Htm53/Hms).
Bagikan :

Tambahkan Komentar