Suasana Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) pra Konferensi Wilayah (Konferwil) Banser di Ponpes Kyai Parak Bambu Runcing, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, (28-29/10/2017).
Parakan, Hariantemanggung.com  – Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah, menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) pra Konferensi Wilayah (Konferwil), di Ponpes Kiai Parak Bambu Runcing, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, selama dua harim yaitu Sabtu 28 Oktober 2017 sampai hari ini, Minggu 29 Oktober 2017.

Selain pengurus Pimpipan Pusat GP Ansor, hadir juga dalam Rakerwil itu pengasuh Ponpes Kyai Parak Bambu Runcing, Parakan KH Haidar Muhaiminan, jajaran Pimpinan Wilayah GP Ansor Jateng, serta pengurus harian Pimpinan Cabang GP Ansor Kabupaten/Kota se Jateng.

Dalam acara pembukaan, Sekretaris PW GP Ansor Jateng, Sholahuddin Aly mengatakan, Rakerwil ini adalah bagian dari mandat organisasi tingkat wilayah jelang akhir masa khidmah periode 2014-2018. "Rencananya, Konferensi Wilayah (Konferwil) PW GP Ansor Jateng, akan digelar pada 12 November 2017 di Kajen Kabupaten Pekalongan," beber dia di hadapan peserta Rakerwil.

Pihaknya juga menjelaskan alasan adanya percepatan Konferwil. Yaitu sebagian besar pengurus PW GP Ansor Jateng adalah penyelenggara pemilu, baik di Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Panwaslu di semua tingkatan.

Sementara dalam perundangan yang baru, penyelenggara pemilu tidak diperbolehkan ikut dalam organisasi kemasyarakat (ormas).

“Percepatan pun karena pimpinan wilayah sudah melaksanakan tugas-tugas utama, utamanya kaderisasi yang telah melampui target yang dijalankan. Sehingga kalau menunggu jadwal masa khidmah mestinya selesai Mei 2018, maka sahabat-sahabat tidak ada kesempakat ngurusi organisasi lagi,” kata Gus Solah itu.

Dalam Rakerwil ini, lanjutnya, akan dilakukan akreditasi kepengurusan di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC), dan Pimpinan Cabang (PC). Selanjutnya, juga membahas tentang apa yang sudah dilakukan dan apa yang akan dilakukan Ansor Jateng ke depan.

“Kami berharap perdebatan jangan terlalu lama. Poin yang krusial sebaiknya disimpan saja di arena Konferwil,” tegasnya.

Perwakilan PP GP Ansor, Ulil Arham mengungkapkan, tantangan Ansor di masa mendatang sangat luar biasa, baik internal maupun eksternal. Maka, kuncinya adalah konsolidasi dan kaderisasi.

PP GP Ansor sudah menggelar Konferensi Besar (Konbes) dan membuat aturan-aturan dan panduan yang harus dipatuhi struktur organisasi di semua tingkatan. Mulai dari tingkat Ranting, PAC, PC, dan PW. Jika panduan yang telah dibuat tersebut dilaksanakan, maka Ansor akan menjadi kuat.

“Kalau itu bisa dilaksanakan maka Ansor di masa mendatang tidak akan ada tandingannya,” lanjut dia.

Pihaknya juga berharap, kegiatan-kegiatan di Ansor jangan hanya ramai ketika menjelang konferensi. Sementara usai konferensi, tidak ada kegiatan kaderisasi dan lainnya.(Htm44).
Bagikan :

Tambahkan Komentar